Teknik Membungkus Kado Dengan Kertas Tali Mizuhiki

DIY&Craft – Membungkus sebuah barang adalah hal yang wajib bila ingin memberikan sesuatu sebagai hadiah atau juga sebagai pelindung barang tersebut ketika dibawa berpergian, Jepang sebagai negara yang memiliki banyak budaya tentu memiliki sebuah tradisi dalam membungkus barang. Seperti seni membungkus dengan kain Furoshiki namun kali ini menggunakan bahan kertas dan metodenya sedikit berbeda.

Simak Juga : Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku

Teknik Membungkus Kado Dengan Tali MizuhikiAlat yang dipersiapkan dalam membuatnya.

  • Kertas pembungkus dekoratif
  • Selotip dua sisi
  • Sikat air (water brush)
  • Kertas Tali Mizuhiki

Cara dalam membuatnya.

  1. Ukur terlebih dahulu kertas seukuran kotak kado yang anda gunakan. Posisikan kertas secara diagonal, dan sesuaikan penempatan dengan menarik pojok ujung kertas (terjauh dari anda) dan di atas bagian atas untuk menemukan posisi terbaik. Kemudian, kembalikan kertas ke posisi rata.
  2. Lipat sudut yang terdekat dengan anda ke atas dan di atas kotak. Tarik kedua sisi dan kencangkan dengan selotip dua sisi, jika perlu. Selesaikan sudut yang terjauh dari Anda terlebih dahulu.
  3. Buatlah sebuah pembalut untuk lipatan kadonya dari selembar kertas lainnya. Dengan menggunakan sikat air, tarik garis dari atas kertas ke bawah, 3 inci dari satu sisi lembaran. Dengan tangan diposisikan dengan kuat pada setiap sisi garis basah, perlahan sobek kertas untuk membuat tepi yang kusut (kasar). Ulangi proses ini untuk sisi lain dari sheet untuk membuat pembalut yang didandani.
  4. Bungkus pembalut yang sudah ada pada sekitar kotak dan kencangkan dengan selotip dua sisi.
  5. Ikat dengan  3 atau 5 helai kertas kabel Mizuhiki di bagian luar pembalut dan ikat dengan simpul persegi, ingat jangan menggunakan 4 helai benang karena dalam tradisi Jepang angka 4 dianggap angka sial.