Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku

DIY&Craft – Setelah sebelumnya Artforia telah berbagi informasi tentang panduan membuat lipatan pembatas buku yang berbentuk kucing, kini Artforia akan berbagi lagi sebuah seni yang berkonsep Jepang yang juga digunakan fungsinya sebagai pembatas buku.

Boneka-boneka kertas ini, Shiori Ningyo (boneka pembatas), agak cukup sulit untuk dibuat tetapi seru. Dalam membuatnya hanya diperlukan beberapa potongan chiyogami (sebuah kertas lipat Jepang), beberapa teknik lipatan, penggunaan sebuah lem, dan sedikit potongan gunting sampai nantinya anda akan melihat keindahan dari boneka lipat pembatas buku ini. Meskipin boneka kertas ini memang fungsi utamanya adalah sebagai pembatas buku, tetapi juga bisa dipakai sebagai penghias sebuah kiriman hadiah. Simak sebuah tutorial tentang bagaimana membuat 6 boneka kecil yang indah dengan menggunakan 3 lembar kertas chiyogami berukuran 5×7.

Simak Juga : Membuat Miniatur Zen Garden Yang Indah

1. Anda memerlukan 3 lembar kertas chiyogami 5×7, stok kertas lipat warna putih atau krem, stok kertas lipat hitam serta jangan lupa lem kerajinan. Untuk soal jenis Chiyogaminya terserah anda yang terpenting adalah ukuran 5×7.

2. Potong setiap potongan chiyogami seperti gambar di bawah ini

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas BukuUntuk masing-masing potongan 5×7 “chiyogami, Anda akan memiliki 10 buah yang terlihat seperti ini

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku3. Untuk setiap boneka, kumpulkan pilihan anda untuk kimono / lengan baju, kerah, obi (sabuk lebar), obijime (ikat pinggang), kertas lipat, gunting dan lem.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku4. Dari kertas lipat yang berwarna krim, potong strip panjang untuk membuat tubuh boneka. Sepotong harus kira-kira 1/8 “(3mm) lebar x 5” (125mm) panjangnya.

5. Untuk membuat bagian kerah, lipat kertas yang telah disediakan menjadi dua. Lakukan dengan ukuran yang benar lalu bungkus di sekitar tubuh boneka yang telah disiapkan sebelumnya dan lipat ke kiri bawah. Selalu pastikan anda melipat sisi kiri (menghadap Anda) terlebih dahulu, karena posisi kerah kebalikannya dalam tradisi Jepang digunakan untuk berkabung. Setelah melipat kirinya lalu barulah melipat sisi kanan menghadap ke bawah. Kencangkan dengan lem lalu potonglah kertas yang berlebihan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku6. Membuat bagian kimono, dengan kertas yang diletakkan di bawah permukaan kerja anda, lipatlah kira-kira 1/2 “(10mm) tepi yang sempit. Kocok dengan baik. Balikkan kertas dan lipat kira-kira 1/4” (5mm) untuk membentuk kimono collar.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas BukuTempatkan badan dengan kerah di bagian tengah kain kimono. Lipat sisi kiri kertas kimono di atas, antri dengan kerah. Crease hanya di bagian atas flip.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas BukuLipat sisi untuk membuat garis lurus dari bawah kimono hingga kerah kimono yang baru dilipat, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas BukuUlangi dengan sisi kanan. Cobalah untuk memastikan sudut yang sama. Sisi kanan harus meninggalkan sepotong kecil kiri yang tidak terlihat seperti yang terlihat di bawah ini.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku7. Jika tidak menambahkan lengan baju, lanjutkan ke langkah 8. Jika menambahkan lengan, perekat potongan lengan bersama-sama. Lipat di pojok bawah dan bawah dengan gunting. Dilipat, tahan terhadap punggung boneka dan dengan hati-hati potong celah kertas lengan di kedua sisi kimono. Potong lengan ke bentuk yang ditunjukkan pada gambar tengah di bawah ini. Lem ke belakang kimono tepat di bawah kerah kimono.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku8. Bungkus obi (sabuk lebar) disekitar boneka, tutup ujung kimono yang bersudut. Lem untuk mengamankan dan potong kertas yang berlebihan. Bungkus obijime (ikat pinggang) di sekitar obi. Amankan dengan lem. Potong kertas berlebih.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku9. Sekarang bentuk dasar untuk boneka itu telah diciptakan, inilah saatnya membuat bagian kepala untuk boneka kertas anda. Potong kertas lipat warna krim untuk membuat sebuah wajah, bereksperimen dengan wajah berbentuk bulat, oval atau almond untuk penampilan yang berbeda sesuai dengan selera anda.

10. Pasang wajah ke kertas lipat hitam dengan sedikit perekat lem, jangan lem sepenuhnya, karena anda membutuhkannya untuk menempelkan pada bagian leher nanti. Potong di sekitar kepala untuk menciptakan sebuah gaya rambut. Kami telah menemukan bahwa potongan rambut lurus yang panjang atau panjang, membuat boneka Anda terlihat sangat muda, sekaligus menciptakan gaya rambut updo yang akan memberi boneka anda gaya yang hidup. Kita memasuki rambut “swoosh” ini, karena sedikit minat tambahan. Ambil kertas lipat kedua dan gunakan ini untuk membuat poni.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas Buku11. Lem kepala ke tubuh dengan menambahkan lem ke leher dan juga antara potongan rambut wajah serta belakang. Jika leher terlalu panjang, rapikan sebelum dipakaikan lem. Juga memangkas tubuh ekstra yang mungkin menonjol keluar dari kimono bagian bawah. Tambahan aksesorisnya bisa membuat bunga yang dipotong dari potongan chiyogami untuk sentuhan akhir yang indah.

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas BukuSetelah selesai menyambungkan kepala dan tubuhnya maka boneka pembatas buku ini sudah selesai dan dapat digunakan!

Membuat Shiori Ningnyo Sebuah Boneka Kertas Pembatas BukuSource : Craft Freebies