Membuat Miniatur Zen Garden Yang Indah

DIY&Craft – Jepang memang memiliki banyak ciri khas didalam kebudayaannya dari mulai makanan, fashion, gaya hidup sampai beberapa desain rumah dan taman juga memiliki ciri khas yang unik. Seperti salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah taman batu Jepang (枯 山水 karesansui) atau taman “daratan kering”, yang sering disebut Zen Garden, taman-taman seperti ini biasanya terdapat pada rumah-rumah bergaya kuno atau tradisional di Jepang dengan luas tanah yang cukup besar, tetapi terdapat sebuah kesenian juga yang menciptakan taman ini dengan bentuk yang kecil pada sebuah wadah tertentu. Dengan mengisikan pasir, batu kerikil serta beberapa batang pohon menjadikan taman miniatur yang indah untuk ditampilkan.

Membuat Miniatur Zen Garden Yang IndahSebuah taman zen biasanya tidak terlalu besar dan sekitarnya dikelilingi oleh dinding, dan biasanya dimaksudkan untuk dilihat saat duduk dari satu sudut pandang di luar kebun, seperti teras hojo, kediaman biarawan utama kuil atau vihara. Kebun zen klasik diciptakan di kuil Buddhisme Zen di Kyoto selama periode Muromachi. Mereka dimaksudkan agar dapat menyatu dekat dengan alam serta bisa juga dijadikan sebuah sarana untuk meditasi tentang arti sebuah kehidupan.

Simak Juga : Furoshiki Kain Pembungkus Tradisional Jepang

Membuat miniatur Zen Garden tidaklah sulit, Artforia akan berbagi panduan mengenai membuat Zen Garden.

Barang yang dibutuhkan :

  • Sebagai wadahnya anda bisa menggunakan sebuah bingkai photo dengan tebal 8 “x 10”
  • Sebuah lem batang dan gun glue
  • Pasir (Paling baik menggunakan pasir pantai karena texturenya halus dan putih tetapi sebagai alternatif juga bisa menggunakan pasir jenis lain)
  • Batu berukuran kecil, lilin kecil, dan beberapa hiasan kecil lainnya yang bisa anda tambahkan untuk menghiasi kebun Zen Garden.
  • Sebuah garpu atau bisa penggaruk zen (dapat anda temukan pada beberapa online shop)

Tahap membuat :

Source : Curbly