Panjat Pohon Sebuah Hobi Yang Populer Di Jepang

Dunia Hobby Jepang – Belakangan ini sebuah hobi unik mulai populer di Jepang, namun hobi kali ini bukanlah soal binatang dan tumbuhan ataupun mengoleksi sebuah benda namun merupakan sebuah hobi yang masuk didalam kategori cinta alam karena hobi yang satu ini adalah hobi memanjat sebuah pohon, mungkin bisa dibilang ini adalah hal yang biasa dan juga dialkukan oleh masyarakat negara lain namun Jepang belakangan ini menjadi cukup antusias dalam melakukan aktivitas ini terutama ketika week end dan berlibur ke penggunungan sekitar.

Simak Juga : Mengenal Pohon Bonsai Sebuah Kesenian Sekaligus Hobi Orang Jepang

artforia.comDikenal dengan sebutan “Tree climbing” dalam bahasa inggris memang sebuah aktivitas yang semakin populer di Jepang sebagai bentuk rekreasi outdoor yang tidak hanya menawarkan kegembiraan namun juga ketenangan dan relaksasi bagi penduduk perkotaan yang terlalu banyak bekerja. Program percobaan sedang berlangsung di seluruh negeri setiap minggu nya.

Sementara beberapa orang mungkin menganggap aktivitas ini cukup sulit dan berbahaya, namun beberapa penggemar yang telah mencobanya mengatakan bila memanjat pohon bukanlah hal yang berbahaya dan sangat mudah apabila dilakukan dengan prosedur yang tepat, Dengan menambahkan alat lain seperti katrol membuat anak-anak dan bahkan orang-orang yang berkebutuhan khusus dapat dengan aman mencobanya.

artforia.comPara pendaki yang sudah mahir biasanya akan memanjat pohon yang lebih tinggi dan memasang tari diatasnya untuk menarik para pendaki pemula, Para pendaki tentu menggunakan alat pelindung dan menempelkan tali secara vertikal pada cabang yang besar. Melekat pada tali adalah penentu dimana para pendaki tersebut akan melangkah. Pernyataan dari salah satu instruktur hobi ini Hideki Watanabe mengatakan “Apa yang bagus dalam melakukan aktivitas panjat pohon ini adalah Anda bisa menikmatinya bersama dengan banyak orang di alam. Ini juga membantu menumbuhkan rasa sayang bagi alam sekitar, “.

Menurut catatan Tree Climbing Jepang, sebuah badan yang mempromosikan memanjat pohon, kegiatan tersebut mulai dikenal di Jepang sekitar 15 tahun yang lalu. Sejak tahun 2000, organisasi tersebut telah memberikan sertifikasi kepada mereka yang telah mengikuti kursus dan memperoleh teknik untuk memanjat pohon dengan aman, seperti Watanabe. Saat ini, sudah ada sekitar 3.000 pemanjat bersertifikat di Jepang.