Mengenal Pohon Bonsai Sebuah Kesenian Sekaligus Hobi Orang Jepang

Dunia Hobby Jepang – Pada saat ini hampir seluruh masyarakat di dunia mengetahui pohon Bonsai, yap pohon yang dibesarkan dalam sebuah pot ini adalah sebuah kesenian negara Jepang yang juga menjadi salah satu bagian dari sebuah hobi masyarakat Jepang, rata-rata yang menyukai seni pohon bonsai adalah para pria lanjut usia, namun saat ini terdapat juga beberapa anak mudah yang menggemari seni menghias pohon bonsai ini, dibalik sebuah hobi pohon bonsai menyimpan kesenian yang cukup menarik untuk diketahui.

Simak Juga : Mengenal Kyudo Sebuah Seni Bela Diri Yang Menjadi Hobi

artforia.comBonsai (盆栽) adalah salah satu bentuk kesenian Jepang yang melibatkan pohon yang ditanam dalam sebuah wadah atau pot. Namun sebenarnya kesenian seperti ini juga dilakukan oleh beberapa masyarkaat di negara lain seperti misalnya tradisi penzai atau penjing dari Cina yang juga merupakan sebuah seni, atau seperti hòn non bộ dari Vietnam . tradisi bonsai ini dikatakan sudah berumur lebih dari 1000 tahun di Jepang.

Kata “Bonsai” adalah sebuah pengucapan bahasa Jepang dari istilah penzai China. Kata bonsai sering digunakan dalam bahasa Inggris sebagai istilah umum untuk semua pohon miniatur dalam wadah atau pot. Tujuan utama dalam kesenian bonsai adalah kepandaian seseorang untuk mengatur penampilan pohon tersebut dalam wadah kecil, bonsai bukan sebuah budidaya tanaman untuk obat-obatan atau konsumsi lainnya namun Bonsai adalah sebuah pohon yang dilihat dari segi penampilannya dimana bentuk-bentuk dari daun serta batangnya menjadi nilai penting dari sebuah bonsai.

artforia.comartforia.comPerawatan dan pembentukan pohon Bonsai sendiri cukup rumit dimana mencakup pembibitan dari awal, pemotongan batang dan teknik penyiraman. Bonsai dapat diciptakan dari hampir semua jenis pohon yang dipotong pada cabangnya dan dibudidayakan pada tempat kecil melalui wadah pot dan juga melalui pemangkasan akar. Beberapa jenis pohon sangat populer sebagai bahan bonsai karena memiliki karakteristik yang cocok dan indah, seperti pohon yang memiliki daun-daun kecil yang cocok dengan visual sebuah bonsai. Biasanya ketika pohon bonsai sudah tumbuh besar dan pas untuk ditampikan akan dipindah pada wadah pot yang sedikit lebih besar, rata-rata jenis bonsai memiliki ukuran yang ditentukan untuk memenuhi nilai estetika dari pohon tersebut.

Pohon bonsai juga merupakan salah satu hobi yang disenangi oleh sejumlah masyarakat Jepang, para penyukai bonsai akan tidak cukup untuk memiliki 1 bonsai saja biasanya para penyuka akan mengoleksi banyak bonsai pada halaman rumah mereka, inilah mengapa dikatakan bila Pohon Bonsai menjadi salah satu hobi di Jepang. Untuk memenuhi hobi ini tentu biayanya tidak sedikit karena yang diketahui bila rata-rata harga pohon bonsai cukuplah mahal.