Membuat Siluet Pulau Jepang Dengan Sebuah Papan Kayu

DIY&Craft – Jika Anda membutuhkan beberapa seni dinding, maka membuat sebuahkerajinan Silhouette mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda, dalam membuat kesenian ini kita juga sekaligus dapat mempelajari atau mengingat bentuk geografi dari negara Jepang. Tahukah Anda bahwa Jepang memiliki 6.852 pulau, namun hanya 430 yang dihuni. Jangan khawatir Anda tidak perlu melukis semua 6.852. Tingkat kesulitan proyek ini sangat rendah namun memakan waktu sekitar 2-3 jam waktu kerja tergantung pada kecepatan dan fokus pribadi. Waktu pengeringan bisa bervariasi tergantung dari jenis cat yang Anda gunakan. Saya menggunakan akrilik tua anak-anak yang dikeringkan dalam 10-20 menit. Beli beberapa papan dan buat beberapa hiasan dinding yang menyenangkan bersama keluarga Anda!

Simak Juga : Cara Simpel Membuat Koinobori

artforia.comAlat yang perlu disiapkan dalam membuatnya.

  • Satu papan kayu skrap seukuran yang anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan kanvas atau papan kertas.
  • Satu lembar amplas
  • Tiga warna cat akrilik
  • Dua kuas cat – satu besar untuk latar belakang dan satu lebih kecil untuk peta dan jantung
  • Satu peta Jepang dicetak siluet dari gambar Google. Bisa juga mengambil contoh referensi dari tempat lain.
  • Satu pasang gunting atau pisau pemotong
  • Kertas gambar tebal dan lem (saya merasa lebih mudah untuk melacak peta Jepang jika hasil cetakan dilekatkan pada kertas yang lebih tebal)
  • Satu pensil untuk menandai
  • Satu set gantungan dan kawat
  • Obeng
  • Pemotong kawat

Langkah dalam membuatnya.

  1.  Haluskan tepi papan dan sisi depan dengan sebuah amplas yang telah anda siapkan kemudian cat depan dan tepi papan dengan warna dasar yang anda pilih sesuai selera, saya sarankan warna hitam karena cocok dipadukan berbagai warna lainnya.
  2. Cetak peta Jepang dari Google Images. Cocokan ukurannya dengan papan yang akan anda gunakan.
  3. (opsional) Lemkan peta Jepang ke kertas tebal atau papan kertas untuk mempermudah penandaan.
  4. Menggunakan gunting atau pisau pemotong di sekitar peta Jepang sedekat mungkin. Anda tidak perlu memotong sedekat mungkin dengan penanda untuk menghasilkan siluet yang bagus. Beberapa tips lainnya adalah jangan memaksakan memotong pulau-pulau kecil dengan penanda karena akan sangat sulit dan sebaiknya gunting secara bebas saja tanpa mengikuti penandaan.
  5. Tempatkan potongan di papan dan telusuri dengan pensil.
  6. Dengan menggunakan kuas halus kecil untuk melakukan warna kedua untuk mengikuti garis yang telah dibuat dengan pensil. Begitu garis luar sudah selesai dikejarkan lalu isilah isi peta Jepang dengan warna kedua. Untuk mendapatkan tampilan yang solid, anda memerlukan 2-3 lapis warna tergantung warna dasar pada papan anda.
  7. Warnai pulau-pulau kecilnya dengan semaksimal mungkin.
  8. Setelah semua cat mengering gambarlah hati kecil pada daerah yang anda inginkan dipeta Jepang tersebut.
  9. Langkah terakhir adalah menambahkan gantungan dan kawat gantung gambar di bagian belakang.