Cara Simpel Membuat Koinobori

DIY&Craft – Koinobori (鯉 の ぼ り) adalah sebuah bendera berbentuk ikan koi yang secara tradisional dipasang berbentuk ikan mas yang secara tradisional dipasang untuk merayakan Tango No Sekku (端午 の 節 句), bendera ini dilakukan oleh sejumlah keluarga yang memiliki anak laki-laki, Orang tua yang memiliki anak laki-laki mengibarkan koinobori hingga hari Tango no Sekku untuk mendoakan agar anak laki-lakinya menjadi orang dewasa yang sukses. Setelah Jepang memakai kalender Gregorian, koinobori dikibarkan hingga Hari Anak-anak (5 Mei). Koinobori yang tertiup angin telah menjadi simbol perayaan Hari Anak-anak. Kalau zaman dulu koinobori berkibar di tengah musim hujan, koinobori biasanya sekarang mengingatkan orang Jepang tentang langit biru yang cerah di akhir musim semi. Kali ini Artforia ingin memberikan sebuah panduan dalam membuat Koinobori dengan mudah.

Simak Juga : Mengenal Dan Membuat Lukisan Sumi-E Jepang

artforia.comBerikut langkah-langkah dalam membuatnya.

1. Dalam 3-4 warna, potong beberapa lingkaran kertas tisu, berdiameter sekitar 1,5 inci, lalu potong keduanya menjadi setengah lingkaran. Letakkan potongan pita dua sisi di bagian bawah gulungan Anda. Mulai letakkan ujung lurus masing-masing lingkaran setengah pada pita sisi ganda, tumpang tindih sedikit sehingga tidak ada pertunjukan gulung di bawahnya. Pastikan ujung lengkung lingkaran setengah menggantung dari gulungan sehingga tidak terpasang. Ujung ini akan menjadi ekor ikan. Lengkapi sepanjang jalan.

2. Tinggalkan celah 5cm dan letakkan potongan pita double sided lainnya di seputar gulungan, ulangi dengan lingkaran setengah. Tata warna tidak terlalu penting, lakukan saja apa yang menurut Anda bagus. Anda harus tumpang tindih dengan sedikit yang adil dan tidak semua ujungnya akan direkam. Tinggalkan mereka. Lapisan berikutnya harus menutupi mereka.

3. Ulangi sampai ke puncak, pastikan Anda menyelesaikan rekaman dan setengah lingkaran di bagian atas gulungan. Ini adalah kepala. Pada titik ini, jika ada setengah lingkaran yang masih menempel, gunakan pita dua sisi untuk menempelkannya.

artforia.com4. Potong lingkaran dengan kertas putih (berdiameter sekitar 1 inci) lalu gunakan spidol hitam untuk menggambar lingkaran besar di dalam mata. Gunakan double sided tape untuk menempel di sisi kepala.

5. Potong potongan kertas tisu menggunakan warna yang sama dengan lingkaran setengah Anda. Di ujung ekor, dengan hati-hati letakkan selembar pita double sided di bagian dalam gulungan. Satu per satu, tempelkan selembar kertas tisu ke kaset itu, terus sampai bersih sampai tertutup.

6. Potong ujung apapun jika perlu sehingga panjangnya sama. Ulangi langkah 1-6 untuk membuat dua ikan mas lagi.

artforia.com7. Potong tiga potong benang sekitar 7 inci panjangnya. Double simpul masing-masing ke dowel Anda, pastikan ujungnya rata.

8. Di sisi kepala, letakkan selembar pita double sided di dalam gulungan, di depan mata. Mulailah dengan benang tersampir atas dowel dan kencangkan ujung yang longgar ke kaset di dalam gulungan. Jika Anda berencana mengayunkan koinobori ini ke sekitar, gunakan lem panas sebagai gantinya, atau letakkan selotip lain di atas benang itu.

9. Ulangi di sisi berlawanan, tepat di belakang mata. Ulangi untuk kedua ikan mas berikutnya.

artforia.com