Membuat Lampu Labuh Halloween Gudetama

DIY&Craft – Menyambut bulan Halloween yang jatuh pada Oktober ini Artforia ingin berbagi info mengenai cara membuat sebuah hiasan Halloween yang sangat lucu dan sangat berciri khas Jepang karena menggunakan tokoh Gudetama, bagi yang belum mengetahui Gudetama yaitu adalah salah satu dari karakter perusahaan Sanrio yang diperkenalkan pada tahun 2013 yang berbentuk sebuah kuning telur yang lemas atau tidak semangat, sosok Gudetama sangat terkenal bahkan sampai ke manca negara. Kelucuan sosok Gudetama memang tidak diragukan lagi sehingga sangat cocok dijadikan sebuah hiasan Halloween yang akan kita buat kali ini!.

Simak Juga : Membuat Siluet Pulau Jepang Dengan Sebuah Papan Kayu

artforia.comAlat yang dipersiapkan dalam membuatnya.

  • labu busa (foam) mini (Bisa dibuat sendiri ataupun pesan dari online shop seperti Amazon)
  • Tanah liat kering (Air Dry Clay atau bisa juga menggunakan Polymer Clay)
  • cat akrilik kuning, oranye, putih dan hitam
  • kuas cat
  • pisau kecil/kerajinan
  • pensil
  • lem leleh panas atau sejenisnya
  • lampu kecil yang dioperasikan dengan baterai

Cara dalam membuatnya.

Pertama, mulailah menggambar muka pada sisi depan labu busa yang telah anda siapkan untuk melakukannya bisa dengan pensil dan bentuk mukanya tidak harus sempurna, tapi anda bisa juga menggunakan beberapa contoh gambar sebagai referensinya. Lalu tandakan juga dengan garis pensil pada bagian atas labu untuk memotong atasnya sebagai tempat Gudetama nanti dimasukan, pastikan ukurannya pas dengan Gudetama yang anda buat.

artforia.comSetelah semuanya ditandakan barulah anda potong garis-garis wajah tersebut dengan sebuah pisau kerajinan Anda. Jika Anda tidak ingin membuat lubang dan mengeluarkan cahaya dari dalam labu maka anda bisa dengan hanya melukisnya saja tergantung selera anda. Saya menggunakan cat hitam untuk melapisi permukaan muka labuh yang putih agar lebih terlihat menyeramkan tetapi terserah anda ingin mewarnainya atau tidak. Bila anda mengecatnya maka begitu catnya kering, sekarang saatnya membuat Gudetama! Saya mulai dengan sekitar setengah dari paket tanah liat yang disediakan, yaitu 100g, atau sekitar ukuran bola salju. Campur sedikit cat kuning dan oranye sampai Anda mendekati warna Gudetama. Tidak ada jumlah pasti yang harus diikuti karena akan berbeda tergantung pada cat dan merek tanah liat yang anda gunakan, jadi gunakanlah jumlah kecil sampai Anda secara bertahap sampai terlihat menjadi warna yang tepat.

artforia.comartforia.comPastikan tanah liat benar-benar dicampur dan diremas, lalu ambil 4 buah dan gulung ke dalam bola dengan diameter sekitar 1 cm. Ini akan untuk lengan dan kaki Gudetama. Simpan bagian ini pada tempat yang kedap udara agar bahannya tidak mengeras. Bentuk tubuh Gudetama menjadi oval dan gemuk dengan ukuran yang kecil agar pas di bagian atas labu.

Ambil 4 buah bagian yang dipisahkan tadi yang akan menjadi lengan dan kaki Gudetama, dan letakkan di Gudetama. Dengan menggunakan sejumlah kecil air pada jari anda agar tidak lengket ketika memegangnya lalu bersihkan ujung-ujungnya untuk memasangnya dengan aman. Juga pastikan lengan Gudetama panjang dan cukup miring agar tetap bisa disangga di labu. Bila terdapat banyak kegagalan dalam membentuk Gudetama anda bisa menggunakan air untuk melemaskannya dan membentuk ulang tetapi kebanyakan air juga akan membuat prosesnya menjadi lebih lama dan sulit jadi berhati-hati lah.

artforia.comartforia.comSetelah semuanya siap pasangkan lah potongan atas labuh tadi keatas Gudetama dengan ringan tekan bagian atas labu ke kepala Gudetama untuk membuat lekukan, tapi jangan lem apapun. Biarkan potongannya kering sekitar satu hari (catatan! waktu kering dapat bervariasi tergantung pada merek tanah liat yang anda gunakan). Setelah Gudetama mengering dengan cukup, gunakan sikat cat halus atau sesuatu seperti tusuk gigi untuk melukis mata dan mulut dari Gudetama, wajah Gudetama sangatlah sederhana yaitu dua bola mata yang berbentuk oval hitam tipis, dan setengah oval putih sedikit lebih besar dengan garis hitam tipis untuk mulut. Setelah itu biarkan catnya mengering, dan gunakan lem panas pada lekukan penutup labu yang ada diatas kepala Gudetama untuk lebih mengencangkannya.

artforia.comartforia.comAnda bisa menambahkan lampu kecil yang telah disiapkan sebelum dengan sebuah baterai. Jangan gunakan lilin atau semacamnya karena bahan labuh mudah terbakar. Masukan lampu kecil dengan baterai tersebut kedalam labuh yang nantinya ketika dinyalahkan akan memberikan cahaya dari dalam labuh dan muncul melalui mulut dan mata labuh dengan sosok Gudetama yang keluar diatasnya.

artforia.comCredit To : Super Cute Kawai