Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi

DIY&Craft – Bros cantik Jepang yang bernama “Tsumami Kanzashi” sebenarnya adalah sebuah benda yang bisa dibuat sendiri dengan berbagai cara. Secara tradisional, mereka adalah potongan-potongan kecil yang terbuat dari kain sutra halus dan dibentuk secara bersamaan untuk menciptakan hiasan rambut atau jepitan rambut Geisha yang indah. Membuatnya tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit dan juga prosesnya tidak memakan banyak waktu, Artforia akan berbagai panduan mengenai cara membuat jepitan rambut indah ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Membuat Bros Cantik Tsumami KanzashiMembuatnya tidaklah sulit dan bahkan bisa membuat anda ketagihan untuk membuatnya lagi secara banyak.

Simak Juga : Teknik Membungkus Kado Dengan Kertas Tali Mizuhiki

Alat yang dipersiapkan dalam membuatnya.

  • Sepotong kecil kain, sekitar 5 x 25cm adalah ukuran yang tepat untuk memulai. Ada baiknya menggunakan kain yang tidak terlalu tebal. Seperti kain yang digunakan untuk kimono juga sangat cocok.
  • Jarum jahit tangan, benang, gunting.
  • Lima alat penjepit
  • Manik-manik
  • Potongan kecil berbagai macam kain sesuai selera
  • Lem kerajinan
  • Bros polos

Cara dalam membuatnya.

1. Ambil potongan kain dan potonglah sehingga anda memiliki lima kotak dengan ukuran yang sama. Sekitar 5 cm adalah ukuran yang tepat untuk memulai. Brooch bunga anda akan berukuran hampir sama dengan ukuran kain yang dipotong sebelumnya.

2. Langkah pertama lipatnya kain persegi anda menjadi dua bagian sehingga membentuk segitiga dengan sisi kanan menghadap ke luar. Berikan lipatan dengan sedikit tekanan jari. Lipat itu menjadi dua lagi, sehingga segitiga itu setengah ukurannya. Di salah satu sudut, kain itu akan memiliki dua titik lepas.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi3. Ambil salah satu dari titik-titik ini dan lipat ke belakang sehingga anda tetap mempertahankan tepi mentah.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi4. Ambil sudut lepas yang lain dan lipat kembali di sisi lain sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini. Anda telah melipat kelopak bunga pertama Anda. Pasang pengikat atau pengencang di atasnya untuk menahannya dengan bentuk seperti ini.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi5. Ulangi ini sampai Anda memiliki lima kelopak bunga.

6. Di sudut tempat Anda bertemu tiga poin, rapikan dengan hati-hati beberapa milimeter. Ini akan menjadi pusat bunga anda dan pemangkasan membantu mereka tampil sedikit lebih rapi.

7. Ambil satu kelopak dan tetap jahit di dekat sudut. Sebuah benang kecil yang terjahit di pinggir lipatan juga akan membantu menjaga semuanya tetap bersama.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi8. Pastikan bila anda menjahit pola tadi dengan arah yang tepat, pasang kelopak berikutnya ke kapas dan jahit kelopak kedua. Anda tidak akan menjahit kelopak mata bersama dulu, tapi agak seperti merangkai manik-manik secara berurutan.

9. Lanjutkan sampai anda membuat 5 petal pada benang jahit. Rapihkan mereka.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi10. Dari ujung benang, ambil tepi luar kelopak pertama dan terakhir dan pegang keduanya. Balikkan bunga di atas sehingga ujung petalnya menghadap ke atas. Di sinilah anda perlu menjahit semuanya menjadi satu.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi11. Jahit kedua petal dengan bersamaan pada ujungnya.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi12. Kemudian lagi sekitar 2/3 dari jalan ke atas. Anda bisa melakukan jahitan kecil rapi sepanjang tepinya.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi13. Kemudian, setelah kelompak atau petal pertama telah tergabung, ambil dua lipatan berikutnya, lihatlah pada beberapa photo dibawah yang akan membuat anda mengerti.

14. Tetap jahit di tengah lagi, dan kemudian 2/3 dari arah atas. Jangan khawatir jahitannya mungkin agak berantakan pada tahap ini, maka akan ditutup-tutupi nanti.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi15. Lanjutkan sampai kelima kelopak bergabung. Pada foto di bawah ini Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana jahitannya.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi16. balikkan bunga itu ke atas. Pada tahap ini kelopak bunga akan sedikit runcing. Gunakan jari dan dorong kelopak sehingga berbentuk bulat. Anda bisa melakukan sedikit cara seperti menekan dengan jari pada kumpulan petal tersebut sampai bentuk kain sesuai dengan selera anda

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi17. Setelah melakukan tahap diatas sekarang anda tentu telah memiliki lipatan bunga Jepang yang indah.

18. Berikan hiasan pada bagian tengah bunga yang anda inginkan. Seperti memberikan manik-manik sehingga bunga memiliki bentuk yang sempurna.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi19. Balikkan bunga manik-manik ke atas dan tempelkan beberapa lem di tepi lipatan. Setelah lem mengering, jahitkan ujung bunga ke arah yang dirasakan untuk memperkuatnya.

Membuat Bros Cantik Tsumami Kanzashi20. Untuk penyelesaian pasangkan bros dengan cara dijahit.

Credit To : Kimono Reincarnate