Tradisi Melempar Garam Dalam Olahraga Sumo

Tradisi Budaya Jepang – Ada pasti sudah tahu tentang olahraga Sumo yang merupakan olahraga asli negara Jepang ini kan, tetapi tentu ada beberapa hal yang belum anda ketahui sepenuhnya tentang olahraga gulat ala Jepang ini, seperti salah satunya adalah tradisi melempar garam oleh para atlit Sumo sebelum pertandingan berlangsung, nah Artforia akan membicarakan tentang tradisi ini sekaligus menjelaskan sedikit tentang olahraga Sumo!.

Simak Juga : Pembuatan Tradisional Kue Mochi Jepang

artforia.comTradisi melempar garam ini dipercaya oleh para pegulat Sumo untuk mensucikan ring pertandingan yang berbentuk bulat tersebut, beberapa atlit Sumo terkadang pandai dalam membuat pertunjukan dari tradisi ini dengan dramatis mereka masuk ke arena pertandingan dan melempar garam ke udara. Tradisi ini memang sama seperti ritual Harae yang digunakan untuk memurnikan kuil-kuil Shinto di Jepang. Meski sering diterjemahkan “pemurnian”, Harae benar-benar sebuah eksorsisme yang dipercaya mengusir roh jahat. Bahkan tradisi melempar garam juga sering dilakukan warga Jepang ketika pulang dari sebuah pemakaman dimana sebelum mereka memasuki rumah mereka akan menaburkan garam ketubuhnya atau dilemparkan oleh anggota keluarga yang menunggu dirumah.

Sumo (相撲 sumō) adalah olahraga gulat yang memiliki peraturan cukup ketat dimana masing-masing pegulat memaksa pegulat lain keluar dari arena pertandingan yang berbentuk bulat dengan beberapa cara, bila salah satu pegulat menyentuh tanah diluar arena pertandingan dengan salah satu bagian tubuhnya maka pegulat tersebut dinyatakan kalah, berbagai cara dan teknik banyak dilakukan oleh para pegulat Sumo untuk mengeluarkan lawannya seperti mengangkat, menghindar dan semacamnya. Para pegulat profesional Sumo memiliki gaji yang cukup fantastis loh dari mulai juara bertahan yang gajinya kira-kira 300jt sampai yang paling rendah adalah 100jt rupiah.

artforia.comOlahraga ini memang murni berasal dari Jepang dan telah dilakukan sejak dulu, di Jepang olahraga ini sudah memasuki ajang olahraga profesional sama seperti tinju bila dinegara bagian barat, Sumo juga termasuk salah satu jenis teknik dari Gendai Budo (salah satu seni bela diri Jepang) namun masih banyak masyarakat yang meragukannya karena olahraga memiliki sejarah yang terbentang selama berabad-abad. Sebagian besar pegulat sumo diharuskan tinggal di tempat pelatihan umum sumo, yang dikenal di Jepang sebagai Heya, disana kehidupan sehari-hari mereka sangat ketat dari mulai makanan sampai pakaian diatur dengan adat yang ketat.

Saat ini telah cukup banyak kelas kursus-kursus olahraga Sumo pada negara luar dan juga telah ada beberapa atlit Sumo dari luar Jepang yang telah mengikuti beberapa kompetisi profesional, meskipun olahraga ini pernah mengalami penurunan pamor pada tahun 2008 sampai 2011 namun telah kembali meningkat dan semakin populer pada akhir-akhir ini.