Pengaruh Mitologi Asura Dan Indra Dalam Budaya Jepang

Seni Budaya Jepang – Jepang merupakan negara yang juga memiliki mayoritas masyarakatnya beragama Buddha dan juga Shinto maka dari itu banyak sekali cerita-cerita mengenai dewa dan mitos-mitos di Jepang, salah satunya yang paling terkenal adalah legenda tentang dewa Asura dan Indra yang kini telah banyak sekali dipakai didalam sebuah anime, manga dan juga film. Kehadiran legenda Indra dan Asura dalam budaya Jepang sendiri berasal dari agama Buddha yang sebenarnya kedua dewa ini juga merupakan kepercayaan dari agama Hindu.

Simak Juga : Legenda Pedang Masamune Dan Muramasa

artforia.comartforia.comDalam Buddhisme, ‘Asura’ tidak menunjukkan dewa tertentu, Asura adalah nama ras makhluk setengah dewa yang menyukai perang dan mewujudkan kemurkaan, kebanggaan serta kehausan akan kekuasaan sedangkan Indra dikenal sebagai dewa penjaga umat Buddha. Asura dan Indra pertama kali muncul dalam epik India kuno Rigveda yang menyebabkan penggabungan mereka ke dalam Hinduisme dan kemudian Buddhisme. Dalam beberapa konsep dan juga cerita fiksi Asura sering disebut dewa perang Asia. Asura cenderung memperhatikan keuntungan material daripada keuntungan spiritual. Sama seperti orang, mereka memiliki kapasitas untuk kebaikan atau kejahatan dan segala sesuatu di antaranya. Meskipun mereka lebih kuat daripada manusia, namun dianggap tidak beruntung bila seseorang dilahirkan kembali sebagai Asura karena mereka akan hidup dalam peperangan yang tiada henti, Asura hampir selalu digambarkan dengan sosok sebagai pria muda dengan 6 lengan dan 3 wajah sedangkan Indra sosoknya memiliki 4 tangan dan memiliki senjata pada tangannya.

artforia.comartforia.comKehadiran Asura dan Indra memang seperti mitos-mitos dewa di barat sana yaitu seperti Thor, Zeus, Odin dan semacamnya, banyak sekali kisah yang menceritakannya. Mitologi Asura dan Indra kemudian populer dikalangan pop kultur Jepang dengan terlihat masuk kedalam cerita-cerita manga, anime dan juga film dinegeri sakura ini. Seperti kemampuan-kemampuan kedua dewa ini dimasukan dalam cerita Naruto dan juga game dengan judul Asura Wrath yang menggambil tema mitologi hindu dan buddha serta masih banyak lagi budaya pop kultur Jepang yang terpengaruhi unsur dari kedua dewa ini.