Nendoroid Si Kecil Yang Disukai Banyak Orang

Dunia Hobi Jepang – Bagi para penggemar figure atau PVC pastilah mengenal yang namanya produk Nendoroid yang kini telah sangat populer di kalangan para remaja terutama para otaku. Nendoroid sendiri termasuk salah satu jenis figure yang menjadi pilihan orang untuk mengoleksi sebuah figure dari tokoh-tokoh anime favorit. Kehadiran seri Nendoroid (ね ん ど ろ い ど nendoroido) adalah merek figure plastik yang dibuat oleh perusahaan Jepang Good Smile Company pada tahun 2006. Dalam nendoroid biasanya menggunakan konsep karakter dari anime, manga atau permainan video yang sedang populer.

Nendoroid Si Kecil Yang Disukai Banyak OrangBentuk dari figure Nendoroid sendiri memang berbeda dari figure-figure seperti biasanya dimana Nendoroid dirancang dengan kepala besar dan tubuh yang lebih kecil untuk memberi mereka penampilan yang lucu. Selain itu Nendo juga memiliki bagian-bagian yang dapat diganti seperti wajah dan bagian tubuh lainnya dapat ditukar, memberi mereka berbagai ekspresi dan pose yang berbeda. Setelah beberapa tahun berproduksi akhirnya Nendoroid memiliki beberapa jenis saat ini dengan berbagai tampilan yang berbeda yaitu Nendoroid Petite yang berukuran lebih kecil dari biasanya, lalu ada Nendoroid More yang memiliki alternatif kostum dan juga beberapa bagian lainnya.

Simak Juga : Membahas Tentang Dunia Hobi Gunpla

Ketika pertama kali diproduksi yaitu pada tahun 2006 Nendoroid memiliki bentuk yang berbeda dengan yang saat ini, pada saat itu kehadiran nendo ini tidak banyak menarik perhatian publik dan para otaku karena bentuknya yang tidak terlalu menarik. Nendoroid pertama adalah Neko Arc : Convert yang dapat anda lihat photonya dibawah ini.

Nendoroid Si Kecil Yang Disukai Banyak OrangSetelah tahun pertamanya yang tidak begitu banyak diminati, kemudian pada tahun 2007, beberapa Nendoroids mulai diproduksi dengan bentuk yang kita kenal pada saat ini. Mereka memiliki struktur yang lebih chibi dan detail seperti aslinya, tentu dengan bentuk seperti ini kehadiran Nendoroid menjadi laku keras dan menarik perhatian banyak para pecinta anime serta game karena memang sebagian besar tokoh-toko yang digunakan dalam Nendoroid adalah anime/manga dan game.

Pada tahun 2008, perubahan yang jelas bisa dilihat lebih banyak. Meskipun masih ada beberapa kebiasaan dari konsep nendoroid yang lama nameun mereka mulai terlihat lebih ekspresif dalam pose dan dengan beberapa tambahan ekspresi wajah yang berbeda serta tambahan aksesoris-aksesorisnya membuat Nendoroid semakin hidup dan keren untuk dikoleksi. Tidak lama dari kepopuleran Nendoroid dari Good Smile Company beredar luas mulai muncul versi bajakan Nendoroids mulai diproduksi secara luas dan dijual di pasaran dengan harga lebih murah oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak jelas asalnya. Oleh karena itu para penyuka nendo atau kolektor harus mengertai cara membedakan bajakan dan produk asli dari nendoroid ini agar tidak salah beli.

Nendoroid Si Kecil Yang Disukai Banyak OrangSecara umum membedakan produk asli dan palsu untuk para pembeli pemula akan cukup sulit, tetapi bila anda telah mempelajari cara membedakannya akan sangat terlihat jelas dan mudah mengetahuinya, secara umum, versi bajakan seringkali jauh lebih murah, memiliki wajah yang tidak terlalu mirip, warna pada nendo tidak rapih dan bentuk yang tidak proposional sehingga sering sekali tidak bisa didirikan dengan benar meskipun menggunakan penyangga. Tenang saja anda akan menjadi pro dalam waktu yang singkat untuk mengetahui kualitas nendoroid.

Perusahaan Good Smile Company sendiri berdiri sejak 2001 di Shinmatsudo, Kota Matsudo. Namun baru memproduksi Nendoroid pada tahun 2006, pada awalnya perusahaan ini berfokus pada manajemen artis, perencanaan acara dan produksi video.

Nendoroid Si Kecil Yang Disukai Banyak OrangBerikut beberapa jenis nendoroid pada saat ini.

Nendoroid Petite (ね ん ど ろ い ど ぷ ち) sangat mirip dengan seri utama, namun ukurannya kira-kira setengah ukuran nendoroid biasa, sekitar 6,5 cm. Nendoroid Petites dijual baik sebagai set lengkap atau dalam kotak rabdin yang memiliki karakter acak. Seperti rekan mereka yang lebih besar, ekspresi wajah dan bagian opsional lainnya dapat ditukar antara karakter Petite Nendoroid lainnya.

Nendoroid More (ね ん ど ろ い ど も あ) dirancang sebagai proyek baru oleh divisi baru yang bergabung dengan Good Smile Company pada tahun 2012. pada jenis ini Nendoroid tampil dengan aksesoris yang lebih banyak dan juga tambahan beberapa part.

The Nendoroid Playsets (ね ん ど ろ い ど プ レ イ セ ッ ト) Sebagai sebuah miniatur pemandangan atau diorama yang difungsikan untuk mempercantik tampilan para nendoroid ketika dipajang atau diphoto.

Nendoroid Plus (ねんどろいどプラス) Meskipun menggunakan kata plus bukan berarti menggunakan bahan seperti PVC ataupun ABS namun produk ini merupakan boneka plushies dan beberapa aksesoris semacamnya, namun produk ini lebih sering diproduksi oleh perusahaan lain ketimbang Good Smile Company.

Gashapon Nendoroids merupakan Nendoroids berukuran reguler yang dikemas dalam kapsul Gashapon, berbeda dengan Petits. Mereka diproduksi dan diproduksi oleh Funko, namun dijual di mesin Gashapon.