Mengenal budaya duduk Seiza yang sering digunakan orang Jepang

Berita Lifestyle Jepang – Jepang adalah negara yang memiliki banyak sekali budaya tradisional turun temurun dari jaman dahulu yang masih dilakukan dan ditekuni hingga saat ini, hal tersebut memang tidak terlepas dari pemerintah Jepang yang sangat pintar dalam menjaga tradisi negaranya serta dukungan para masyarakat yang koperatif membuat banyak sekali budaya-budaya Jepang yang menjadi sangat terkenal didunia luar seperti salah satunya adalah budaya duduk Jepang yang bernama Seiza ini.

Simak Juga : Alasan Mengapa Orang Jepang Begitu Menyukai Onsen

artforia.comSeiza adalah cara tradisional untuk duduk di lantai tatami Jepang. Ini dianggap sebagai cara yang tepat untuk duduk dalam acara formal seperti menghadiri acara ritual di Kuil Shinto. Budaya ini juga banyak diterapkan di dalam seni bela diri Jepang dimana postur tubuh dapat dikoreksi dengan ketat. Kebanyakan orang begitu juga masyarakat Jepang menyatakan bila cara duduk seiza adalah hal yang sulit dilakukan untuk jangka panjang, sehingga biasanya orang yang belum terbiasa maupun orang tua tidak akan bertahan lama dengan posisi duduk ini tetapi biasanya orang Jepang akan memaklumi hal ini.

Kata Seiza sendiri memiliki arti yaitu “duduk tepat”. Untuk duduk secara seiza anda harus meletakan lutut anda di lantai sehingga melipat kaki anda kebelakang dan istirahatkan bokong anda di atas kaki Anda. Bagian atas kaki anda harus rata di lantai. Duduk seiza bisa terasa menyakitkan atau secara fisik tidak mungkin bagi siapa saja yang tidak terbiasa melakukannya. Maka Seiza biasanya paling baik dipelajari sejak usia muda, maka dari itu banyak yang menyatakan bila orang asing tidak akan bisa melakukan Seiza. Namun sebenarnya cara duduk seiza lebih merupakan soal latihan daripada fisik, maka dari itu kini sudah cukup banyak para gaijin (orang luar Jepang) yang dapat melakukan seiza dengan baik.
artforia.comartforia.comSeiza adalah cara duduk wajib pada upacara-upacara resmi di Jepang seperti pemakaman dan upacara minum teh, para orang tua jepang atau lansia biasanya mendapatkan kebijakan khusus untuk tidak melakukan seiza.
Jika anda berwisata mengunjungi kuil atau mengikuti upacara minum teh pasti anda akan menemukan saat diperlukannya duduk secara Seiza ini, cobalah namun bila anda tidak terbiasa dan sakit jangan dipaksakan segera berganti posisi duduk seperti posisi bersila. Jika Anda merasa perlu, beralihlah ke posisi yang lebih nyaman seperti bersila di lantai. Banyak orang Jepang menganggap seiza nyaman untuk jangka waktu hingga 30 menit. Namun bagi warga Jepang yang telah terbiasa duduk seiza terkadang dilakukan pada waktu luang mereka.