Kotatsu Sebuah Penghangat Tradisional Jepang Yang Populer Hingga Saat Ini

Tradisi Budaya Jepang – Setelah sebelumnya pernah membahas soal Tatami kini artforia akan membahas sebuah Kotatsu yang sama seperti Tatami dimana Kotetsu adalah sebuah bagian penting dari sebuah rumah bagi masyarakat Jepang, penjelasan mudahnya adalah Kotatsu merupakan sebuah meja dengan memiliki ruang kosong dibawahnya dan terdapat pemanas serta selimut yang terpasang di dalamnya. Mereka adalah metode tradisional untuk menjaga agar tubuh tetap hangat terutama ketika musim dingin, Kotetsu menjadi cepat populer karena sistem penghangat seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jepang ketika menempum musim dingin. Memiliki kotatsu cenderung akan mengubah gaya hidup seseorang karena mereka mendorong setiap orang untuk duduk berdekatan di meja agar tetap hangat, alat ini memiliki nuansa sosial yang besar.

Simak Juga : Arti Sebuah Tatami Bagi Masyarakat Jepang

artforia.comartforia.comMenurut catatan sejarah bila kotatsu dimulai pada era Muromachi selama abad ke-14. Asal-usulnya dimulai dengan perapian memasak Jepang, yang dikenal dengan nama irori. Arang adalah metode utama memasak dan memanaskan secara tradisional di Jepang. Kala itu pada abad keempat belas di Jepang, sebuah alat tempat duduk diperkenalkan ke irori dan fungsi memasaknya dihilangkan dan digantikan oleh alat duduk tersebut. Di atas papan kayu, sebuah selimut yang disebut Oki ditempatkan sehingga menutup keluarnya hawa panas dari irori. Produk awal kotatsu disebut hori-gotatsu. Kata hori-gotatsu (掘 り 炬 燵) berasal dari kanji 掘 り (hori) yang berarti parit, penggalian, 炬 (ko) yang berarti obor atau api, dan 燵 (tatsu) yang berarti penghangat kaki.

Pembentukan hori-gotatsu sedikit berubah pada Periode Edo selama abad ketujuhbelas. Perubahan ini terdiri dari lantai di sekitar irori yang digali ke tanah dalam bentuk persegi. Papan kayu ditempatkan di sekitarnya dan lalu membuat perapian lalu kemudian ditambahkan selimut pada pinggiran meja kayu tersebut, di mana seseorang bisa duduk dengan kaki di bawahnya untuk tetap hangat.

artforia.comartforia.comSetelah melewati beberapa periode akhirnya Kotetsu juga mulai berkembang dan muncul sebuah kotetsu yang bisa dipindahkan atau disebutnya portable, berawal dari konsep hori-gotatsu. Kotatsu ini datang dengan penggunaan anyaman tatami di rumah Jepang. Alih-alih menempatkan arang di irori, mereka ditempatkan di pot tanah liat yang diletakkan di tatami sehingga kotatsu diangkut. Gaya kotatsu yang lebih modern ini dikenal dengan nama oki-gotatsu. Kata oki-gotatsu (置 き 炬 燵). Pada saat ini tentunya penghangat dari arang digantikan dengan listrik sebagai sumber pemanas.