CARA MERAWAT BONSAI

Artforia –  Bonsai adalah pohon yang memang sengaja dikerdilkan dengan tujuan membuat miniatur dari pohon asli yang besar dan tua di alam bebas. Istilah bonsai digunakan di Jepang untuk seni tradisonal dalam pemeliharaan tanaman dalam sebuah pot dangkal. Selain itu di Jepang, bonsai diapresiasi dari keindahan bentuk daun, dahan, batang dan akar pohonnya. Bahkan, pot yang digunakan untuk wadah bonsai juga menjadi kriteria bonsai itu dianggap bagus atau tidak.Bonsai merupakan tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam maupun di luar rumah. Untuk merawat tanaman ‘kerdil’ ini berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan. Bonsai harus mendapatkan keseimbangan yang tepat antara penyiraman, paparan sinar matahari, dan pemangkasan sehingga bonsai tetap sehat.

Bonsai biasanya ditanam dalam pot. Pot perlu diganti setidaknya setahun sekali. Penggantian pot ditujukan untuk mendorong pertumbuhan akar baru. Pilih pot lebih besar untuk mengakomodasi pertumbuhan bonsai. Pot harus memiliki lubang yang memungkinkan kelebihan air untuk mengalir keluar dari pot, sehingga akar bonsai tidak terendam air. Bonsai juga harus disiram secara rutin tetapi jangan siram bonsai terlalu banyak karena hanya akan mengakibatkan tumbuh jamur atau akar busuk. Tapi di sisi lain, bonsai juga tidak boleh kekeringan. Salah satu metode untuk memeriksa tingkat kelembaban adalah dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam tanah. Tekstur tanah tidak boleh terlalu basah maupun kering.Cara merawat bonsai

Yang perlu kamu perhatikan juga bahwa Bonsai memerlukan cahaya matahari, Tapi hati-hati, karena terlalu banyak paparan sinar matahari malah dapat merusak bonsai. Itulah sebab, bonsai harus mendapatkan keseimbangan yang tepat antara penyiraman, paparan sinar matahari, dan pemangkasan sehingga bonsai tetap sehat. Ingatlah juga bahwa ada banyak jenis pohon bonsai. Masing-masing bonsai perlu diperhatikan secara individual sesuai dengan jenis mereka. Hal ini terutama berkaitan dengan jumlah sinar matahari yang diperlukan. Jadi, penting untuk mengetahui masing-masing jenis pohon bonsai untuk menemukan cara terbaik merawatnya. Jangan juga memotong dahan bonsai dengan gunting! Ada banyak alat yang tersedia yang khusus dirancang untuk memangkas bonsai. Setiap alat melayani tujuan yang berbeda, seperti membentuk pohon, memotong daun, atau membengkokkan dahan, dll. Bertanam bonsai adalah sebuah bentuk seni. Begitu banyak perhatian, serta keahlian dibutuhkan agar bonsai tumbuh memukau. Inilah sebabnya mengapa bonsai begitu istimewa dan memiliki harga yang tinggi.