Belajar Mengatakan Hobi Dengan Bahasa Jepang

Dunia Hobi Jepang – Sebelumnya kita telah belajar tentang mengatang sebuah hobi dengan bahasa Jepang dengan menggunakan sebuah kata kerja dan tidak, sekarang pada panduan selanjutnya Artforia akan berbagi informasi tentang belajar mengatakan sebuah hobi dengan bahsa Jepang namun dengan jumlah hobi yang banyak, sebagai contoh misalnya anda ingin memberitahu seseorang bahwa anda suka menonton anime, membaca manga dan berjalan-jalan. Tentu mengatakannya akan berbeda dengan menyebut satu hobi aja, yaitu menggunakan struktur tata bahasa seperti dibawah ini.

Belajar Mengatakan Hobi Dengan Bahasa JepangVerb (た) た り, Kata Kerja た り し て い る. = Saya melakukan [kata kerja], dan [kata kerja], (dan hal lainnya).

Bentuk normal dari tatabahasa di atas adalah た り, た り す る, namun karena hobi adalah sesuatu yang anda lakukan secara konsisten, anda harus mengubah kata す る menjadi bentuk lanjutan, yaitu し て い る (casual) atau し て い ま す (formal).

Tata bahasa atau grammar ini juga menyiratkan bahwa anda melakukan hal-hal lain selain yang anda ceritakan kepada pendengar. Tapi anda tidak ingin menjelaskan semuanya, dan hanya menyebutkan 1 atau 2 hal saja dalam pembicaraan.

A: し ゅ み は な ん で す か?

B:(しゅみは)アニメをみたり、マンガをよんだり、さんぽしたりしています。

Simak Juga : Membicarakan Sebuah Hobi Dengan Bahasa Jepang

Belajar Mengatakan Hobi Dengan Bahasa JepangAnda bahkan bisa menggabungkan tata bahasa untuk mengatakan sesuatu seperti “Saya suka menonton anime dan membaca manga”

あにめをみたり、マンガをよんだり する のがすきです。

Anda juga bisa bertanya kepada seseorang (atau ditanya):
ひ ま な と き, 何 (な に) を し ま す か? – apa yang anda lakukan di waktu senggang?
休 日 (き ゅ う じ つ) は 何 を し ま す か? – apa yang anda lakukan pada hari libur Anda?

Pertanyaan diatas tentu lebih natural dan santai daripada bertanya langsung “apa hobimu” dan kemungkinan juga para orang Jepang akan mengatakan seperti yang di atas.

Tata bahasa di atas juga bisa digunakan untuk membicarakan apa yang baru saja anda lakukan:
週末 (し ゅ う ま つ) は 何 (な に) を し ま し た か? – apa yang kamu lakukan akhir pekan ini?

Contoh membalasnya bisa seperti dibawah ini :
え い が み た り, か い も の し た り し ま し た – Saya melihat film, pergi belanja (dan melakukan hal-hal lain).

Perhatikan bagaimana す る tidak dalam bentuk lanjutan, tapi merupakan past tense. Itu karena sebuah aktivitas yang telah anda lakukan pada akhir pekan.

Dengan adanya panduan ini semoga dapat membantu anda ketika berbicara dengan teman atau kerabat anda orang Jepang!

Source : Jtalkonline