Wisata Jepang Liburan ke Pulau Hokkaido | Panduan Wisata
artforia.com

Hokkaido Landscape

Berita Travel Jepang – Mungkin dari kalian semua sudah pernah ada yang ke Pulau Hokkaido, yang menurut kalian pergi liburan ke Tokyo atau Osaka sudah menjadi hal yang biasa bagi wisatawan mancanegara, dan kali ini anda berpikiran untuk pergi ke tempat yang baru tentunya masih di Jepang juga, selain Okinawa yang termasuk pulau paling selatan di Jepang, ada pulau besar juga di bagian utara Jepang, yang kalian kenal Hokkaido, pulau tersebut layak kalian kunjungi.

Baca Juga : BEDAKAN SHRINE DAN TEMPLE SAAT TRAVELING KE JEPANG

Untuk Peak season Hokkaido adalah pada bulan musim Winter yang jatuh pada bulan Januari sampai Maret, disana terdapat resort ski yang sangat terkenal (Niseko, Kiroro) yang menjadi pusat magnet para pelancong dan wisatawan mancanegara yang ingin berlibur menikmati putihnya dan lembutnya salju di pulau yang sudah dikenal dengan pulau yang dingin, tidak hanya itu, pemandian air panas atau disebut onsen (hotspring) dan pemandangan alam yang indah menjadi nilai jual dan daya tarik di pulau ini untuk merayu para wisatawan berkunjung ke pulau Hokkaido.

Kota terbesar di Hokkaido yakni Sapporo, dengan bandar udara terdekat New Chitose Bandar (CTS), bisa menjadi destinasi utama di Pulau Hokkaido. Kecuali Sapporo, pertimbangkan juga jalan ke kota Hakodate.

artforia.com

picture by siamkane.com

Ada 2 sistem menuju Sapporo di Hokkaido ini, dengan asumsi kalau Anda akan datang dari Osaka atau Tokyo.
Hokkaido Dengan Kereta
artforia.com

JR East South Hokkaido Shinkansen

artforia.com

Interior Shinkansen

Cara pertama yakni dengan naik Shinkansen kalau Anda punya JR Rail Pass (¥29,110 utk 7 hari) atau JR East South Hokkaido Pass (¥26,000 utk flexible 6 hari). Tanpa Rail Pass sebaiknya jangan naik kereta ke Sapporo karena bisa bikin kantong jebol, opsi lain yakni dengan pesawat.

artforia.com

Super Hokuto Train

Perjalanan dari Tokyo menuju Shin-Hakodate dengan kereta Hayabusa Shinkansen (257 menit) lalu ganti kereta Super Hokuto Limited Express untuk menuju Sapporo (206 menit). Sempurna waktu yakni sekitar 8 jam.
Memang waktu tempuh yang lama ini yang perlu pertimbangan meski kita bisa bebas streching di dalam kereta yang berjalan, namun akan menghabiskan waktu 1 hari perjalanan. Jikalau jenuh Anda bisa split perjalanan dengan main dulu di Hakodate 1-2 hari baru lanjut ke Sapporo. Jalanan ini fully covered (hanya-hanya) kalau punya Japan Rail Pass dan JR East South Hokkaido Pass. karcis kalau beli point-to-point yakni ¥26,820 satu arah.

Hokkaido Dengan Pesawat
artforia.com

ANA and JAL

Melainkan kalau Anda tak berencana membeli Rail Pass atau ada pertimbangan lain, maka naik pesawat yakni yang paling recommend karena waktu tempuh yang relatif lebih kencang dibanding naik kereta. Melainkan karcis pesawat dalam negeri di Jepang kata orang mahal… eits berarti orang itu belum baca Javamilk.

Di Jepang terdapat beberapa maskapai budget juga ala AirAsia; antara lain Vanilla Air, Peach Air, Skymark, dan Jetstar Japan. Untuk rute Tokyo ke Sapporo bisa diperoleh harga karcis sekitar ¥6000 untuk satu arah kalau beli saat promo, belum termasuk tarif bagasi dan tarif lainnya. Rute bagasi mereka cukup ketat jadi Anda mesti baca dengan teliti seputar jumlah piece yang boleh dibawa hand-carry dan berat checkin baggage.

Meskipun full service airlines Jepang yakni ANA dan Japan Airlines, yang harga normalnya ¥35000 one-way. Nah jangan berkecil hati.. ada karcis murahnya juga loh.

Untuk maskapai ANA (Air Nippon Airways) ada karcis yang namanya ANA Experience Japan Fare. Hanya bisa dibeli oleh orang bukan Jepang yang bisa menampilkan karcis pesawat Internasionalnya (keluar dan masuk Jepang) dari maskapai mana pun. Harga karcis pesawat ini ¥10,800 satu arah untuk rute apa pun yang dilayani oleh ANA. Jadi ingin dari Osaka, dari Fukuoka, pun Okinawa sekalipun bisa ke Sapporo dengan rate yang sama. Tentu saja tarif ANA telah termasuk bagasi checkin dan meal service.

Japan Airlines (JAL) juga punya variasi karcis yang mirip, namanya oneWorld Yokoso/Visit Japan Fare. Harga tiketnya ¥10,800 per sector. Melainkan selain mesti bukan warga negara Jepang, “Syaratnya mesti punya karcis penerbangan Internasional menuju Jepang menerapkan maskapai jaringan oneworld (kode maskapai AA/AB/AY/BA/CX/HG/IB/JJ/JL/KA/LA/MH/QF/QR/RJ/S7/UL/XL/4M)”.

Pesawat atau Hokkaido Pass?

Nah kembali ke pertimbangan Anda apakah ingin gunakan pesawat atau dengan kereta, keduanya punya plus dan minus.

Jikalau Anda memilih mengunakan pesawat, dan ingin mengunjungi Sapporo sekalian ke Furano, Asahikawa, atau Hakodate, pertimbangkan juga membeli JR Hokkaido Pass: 3 hari ¥16500, flexible 4 hari ¥22000. Hokkaido Pass bisa dibeli di sono langsung, jadi tak mesti dibeli sebelum tiba di Jepang. Ingat kereta di Hokkaido tarifnya mahal2 kalau kita beli per trip, pass ini langsung balik modal kalau kita melaksanakan perjalanan round trip.

Pilihan lain yakni dengan JR Rail Pass yang mencakup segala Jepang, harganya ¥29,100 untuk 7 hari. Tinggal Anda atur dan hitung mana yang lebih efisien dan hemat di kantong.

Hokkaido Bis Pass
artforia.com

Hokkaido Bus Pass

Jikalau Anda merasa harga Hokkaido Train Pass terlalu mahal, mungkin ada alternative yg lebih murah, naik bis! Ada karcis paket yang namanya Hokkaido Inter City Bis Pass.

Pass ini dijual ¥4500 untuk pengaplikasian bis 3 hari, dan ¥7500 untuk 5 hari. Cocok untuk Anda yang ingin mengunjungi sekitar Sapporo, Chitose, Niseko, Otaru, sampai ke Asahikawa dan Furano. Rute bis antar kota bisa diperhatikan di peta bawah ini.

ka tertarik gunakan pass ini, reservasi online di tautan di atas, lalu ambil saat tiba di Chitose Bandar Bis Terminal atau JR Sapporo Station Bis Terminal. Pass ini hanya diissue sebanyak 5000 pcs untuk rentang waktu sampai 27 Maret 2017.

Perlu diperhatikan rute ke Hakodate tak dilayani dgn bis pass ini.

Itinerary Wisata Hokkaido

artforia,com

Banyak daerah liburan yang bisa kunjungi di Pulau Hokkaido, jadi bisa saja Anda khusus ke Jepang dan hanya berwisata di Hokkaido seminggu tanpa perlu ke Tokyo Kyoto dkk.

Kota-kota yang menjadi target turis di segala musim terutama yakni Sapporo, Otaru, dan Hakodate. Meskipun Furano familiar dengan ladang bunga lavender dan bunga sang surya bisa dikunjungi di musim panas. Hotspring paling familiar ada di Noboribetsu, beberapa jam perjalanan kereta dari Sapporo.