White Day Sebuah Hari Valentine Tambahan Bagi Masyarakat Jepang

Tradisi Budaya Jepang – Mungkin sudah banyak yang telah tahu bila hari Valentine di Jepang bukan lah hanya sekali saja melainkan terdapat 2 hari Valentine, dimana satunya lagi disebut dengan White Day. Dalam kebudayaan Valentine umumnya para wanita dan pria saling memberikan cokelat kepada orang yang mereka cintai atau kepada orang-orang yang mereka kasihi namun pada White Day justru diwajibkan untuk para pria yang memberikan cokelat kepada kekasih mereka atau orang-orang terdekat.

Simak Juga : Kesenian Tradisional Kabuki Yang Masih Populer Hingga Saat Ini

White Day Sebuah Hari Valentine Tambahan Bagi Masyarakat JepangTradisi hari kasih sayang ini memang terbilang sangat unik dan hanya dilakukan oleh masyarakat Jepang saja, pada hari ini wanita tentu tidak melakukan apa-apa selain menerima cokelat, permen atau semacamnya dari pasangan mereka. Yang membuat cukup unik tradisi ini awalnya ditemukan dan dipromosikan oleh sejumlah perusahaan Marshmallow di Jepang.

Terciptanya hari ini memang mengisahkan catatan yang unik dimana ketika itu sebuah perusahaan marshmallow asal Jepang memutuskan bahwa mereka membutuhkan sebuah hari libur. Hari Libur untuk sebuah marshmallow. Ketika itu adalah tahun 1978 dan hari Valentine biasa telah dijalani oleh masyarakat Jepang. Namun hanya para wanita Jepang saja yang lebih tertarik tentang memberikan cokelat kepada kekasihnya pada hari kasih sayang ini. Sampai akhirnya presiden perusahaan permen Ishimura Manseido punya rencana. Wanita harus membeli permen atau cokelat untuk para pria pada hari kasih sayang sehingga para pria diwajibkan memberikan hadiah balasan berupa marshmallow sebulan kemudian pada tanggal 14 Maret. Sehingga tercipta lah hari White Day di Jepang.

White Day Sebuah Hari Valentine Tambahan Bagi Masyarakat JepangDengan bantuan dewan pemasaran permen Jepang, hari White Day akhirnya sukses besar dan banyak dilakukan oleh para pasangan muda. Hari Putih ini bahkan sampai dilakukan diluar Jepang pada saat ini terutama Korea Selatan, namun pada saat ini sedikit mengalami perubahan dimana para wanita Jepang kini lebih mengharapkan hadiah sebuah cokelat ketimbang marshmallow dan rata-rata wanita di Jepang lebih menginginkan hal yang lebih daripada yang mereka berikan. Inilah yang terjadi saat ini pada White Day di Jepang dimana cokelat sekarang lebih populer.

Inilah beberapa hal yang terjadi saat Valentine Day / White Day di Jepang.

  • Wanita membelikan cokelat dan peremen untuk pacar atau pria yang mereka sukai pada hari kasih sayang (Valentine).
  • Wanita juga sering memberikan cokelat atau permen untuk para rekan kerja di kantor namun bukan sebuah hal yang romantis.
  • Pria membalasnya dengan hadiah yang lebih istimewa atau juga sebuah cokelat pada 14 Maret (White Day). Biasanya minimal hadiah yang diberikan berupacokelat mahal atau makan malam yang menyenangkan. Bunga, tas atau juga perhiasaan bisa menjadi hadiahnya.
  • Jika seorang pria benar-benar tidak menyukai seorang wanita atau ingin menolak wanita yang telah memberinya hadiah Valentines, biasanya para pria akan memberikan marshmallow kepada wanita tersebut sebagai tanda penolakan.

Itulah mengenai hari White Day atau disebut Hari Putih bagi masyarakat Jepang yang memang memberikan suasana tambah romantis bagi para pasangan disana, anda juga dapat mengikuti tradisi ini loh para pembaca Artforia agar lebih dekat dan romantis dengan para pasangan kalian!.