Tradisi Omakase Dalam Kuliner Jepang

Seni Budaya Jepang – Tidak hanya dalam soal kerajinan saja Jepang memiliki tradisi yang unik namun dalam soal makanan atau kuliner Jepang juga memiliki tradisi-tradisi yang unik, salah satunya adalah tradisi Omakase yang mungkin belum banyak diketahui oleh para pembaca Artforia. Omakase adalah sebuah tradisi pada tempat makan atau restoran di Jepang yang membiarkan koki memilih pesanan Anda. Kata Omakase sendiri memiliki arti berarti “Saya akan menyerahkannya kepada Anda.” Ini adalah tradisi bagus yang memberi kebebasan kreatif kepada koki dan pengalaman kuliner yang baru bagi si pelanggan.

Simak Juga : Telur Sehat Panjang Umur Kurotamago

Tentunya dalam dunia masak, setiap koki yang baik adalah individu yang kreatif. Namun sebenarnya kreativitas tidak selalu menjadi bisnis yang baik, karena sebagian pelanggan biasanya lebih ingin menyantap menu-menu yang sudah ada sejak lama. Omakase sendiri dapat membuat para chef memiliki teknik memasak yang berbeda-beda.

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dalam memesan Omakase.

Omakase tidak selalu ada pada semua restoran

Tradisi Omakase Dalam Kuliner Jepang

image : japan-talk.com

Jangan anda mengira semua restoran Jepang menyediakan sistem Omakase, hanya beberapa saja Terutama pada restoran-restoran yang menyediakan bahan-bahan segar harian seperti sushiya. Setiap restoran yang menawarkan ikan segar atau sayuran segar biasanya menyediakan layanan omakase. Selain dipilihkan oleh kokinya anda juga sebenarnya bisa memesan menu pilihan sendiri namun untuk porsinya telah ditentukan dan jika anda memiliki pesanan unik dan masuk akal maka anda bisa mendapatkannya di omakase. Sistem tradisi Omakase tidak dapat bekerja pada restoran berantai atau juga restoran besar dengan sistem lainnya, lalu pada kedai-kedai ramen tentunya juga tidak akan bisa.

 

Duduk dekat dengan koki

Tradisi Omakase Dalam Kuliner Jepang

image : sethlui.com

Tentunya yang menjadi salah satu ciri khas dan keunikan dari restoran bersistem Omakase adalah para pengunjung akan duduk dekat dengan koki yang sedang menyiapkan hidangan, anda bisa melihat bagaimana koki tersebut memproses makanan untuk anda.

 

Bahasa

Tradisi Omakase Dalam Kuliner Jepang

image : eatdrinkkl.blogspot.co.id

Karena dekat dengan koki tentu sistem Omakase akan membawa anda berinteraksi sangat sering dengan sang koki, usahakan gunakan bahasa yang digunakan oleh si koki karena tidak semua koki diwajibkan untuk bisa berbahasa anda dan tentunya koki-koki di Jepang.

 

Menjaga sikap

Tradisi Omakase Dalam Kuliner Jepang

image : bitesandbourbon.com

Karena akan adanya sebuah interaksi antara koki dan juga pengunjung maka diharapkan para pengunjung bisa menjaga sikap dan tidak melakukan hal-hal yang membuat koki dirugikan, misalnya seperti memotret sebuah makanan yang dihidangkan itu boleh saja namun sebaiknya janganlah memotret sangat koki terlalu sering, apalagi bila anda hanya memotret koki tersebut bukan makanannya. Biasanya sang koki juga dengan ramah menjelaskan tentang masakan-masakan yang dibuatnya, anda bisa juga bertanya-tanya namun sebaiknya hanya seputar makanan saja jangan sampai hal-hal pribadi.

 

Tidak untuk orang diet

Tradisi Omakase Dalam Kuliner Jepang

image : tokyozebra.com

Restoran sistem omakase sangat tidak dianjurkan untuk pemilik program diet, kenapa?? karena alasannya anda tentu tidak akan tahu apa saja yang akan dimakan karena ditentukan sendiri oleh sang koki serta porsinya juga, sehingga bila anda diet sebaiknya mencari restoran lain daripada membuang makanan secara sia-sia nantinya.

 

Membayar tagihan makan dengan harga misterius

Tradisi Omakase Dalam Kuliner Jepang

image : i.pinimg.com

Di akhir makan, restoran tersebut akan menyajikan anda dengan sebuah tagihan dengan total yang tidak terperinci. Isinya merupakan sebuah tulisan kecil dengan harga tertentu. Dalam banyak restoran sebuah minuman juga tidak akan diperinci berapa biayanya. Aturan ini memang telah ditetapkan untuk restoran berbasis Omakase sejak dahulu, porsi makan anda yang menjadi takaran biaya dalam restoran ini. Omakase merupakan sebuah restoran bagi para pengunjung yang mengharapkan makanan enak dan tidak peduli soal biaya oleh karena itu bila anda khawatir soal biaya sebaiknya jangan mengunjungi restoran ini, tetapi bila ingin mencoba restoran Omakase memang akan memberikan anda pengalaman kuliner Jepang yang tak terlupakan.

Itulah beberapa hal tentang Omakase dalam sistem restoran Jepang, semoga dapat memberikan anda informasi sebelum mencobanya!.