Seperti Apakah Masyarakat Jepang Dalam Menyambut Natal

Tradisi Budaya Jepang – Sebagai negara yang memiliki mayoritas pendudukan beragam Shinto dan Buddha tentu kita akan menduga sebuah hari raya natal tidak akan meriah pada negara tersebut, namun dugaan tersebut salah besar untuk negara Jepang. Meskipun negara ini tidak begitu banyak memiliki masyarakat yang beragama kristiani tetapi antusias para masyarakat dalam merayakan hari raya natal sangatlah meriah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan cukup banyaknya hiasan-hiasan natal yang menghiasi gedung-gedung di Jepang serta adanya budaya unik yang hanya dilakukan oleh orang Jepang ketika natal seperti makan KFC bersama adalah salah satu bukti kuat bila hari natal dinegeri sakura memang sangat meriah.

Simak Juga : 20 Fakta Menarik Tentang Jepang Dengan Penjelasan Singkat

Meriahnya Hari Natal Di JepangMeskipun Hari Natal bukan hari libur nasional Jepang. Kebanyakan orang pergi ke kantor dan bekerja sehari penuh. Meski demikian, Natal banyak dirayakan dengan hal-hal yang unik di Jepang. Jepang memang terkenal dengan budaya adopsinya, bila salah satu budaya luar di adopsi oleh Jepang maka dengan cepat masyarakatnya akan membuat hal-hal yang sangat menarik untuk menambahkan budaya tersebut dengan ciri khas mereka sendiri. Jepang merayakan musim Natal dengan beberapa cara dibawah ini:

1. Romance
Karena Natal tidak di anggap sebagai liburan keluarga maka pada hari ini biasanya banyak pasangan remaja melakukan liburan mereka dimalam natal secara romantis, ditambah dengan salju di Jepang yang turun secara teratur dan indah selama akhir desember menambahkan suasana yang sangat romantis. Hari Tahun Baru di Jepang lebih dianggap sebagai liburan keluarga.

2. Gereja
Kurang dari 1% masyarakat Jepang adalah penganut agama Kristen. Meskipun demikian, setiap kota besar di Jepang memiliki gereja-gereja besar atau kecil yang menyelenggarakan pelayanan Natal. Jepang memang terkenal dengan rasa toleransinya antar umat beragama, meskipun adanya beberapa agama asing yang masuk kedalam negara mereka, masyarakat yang mayoritasnya beragama Shinto dan Buddha tidak mengambil masalah melainkan menghormatinya.

3. Konser Musik
Akan terdapat cukup banyak konser musik dengan bertema Natal di seluruh Jepang selama bulan desember, berbagai macam konser dari mulai konser besar sampai konser-konser kecil seperti di kafe dan pusat perbelanjaan.

4. Makan Ayam
Budaya makan ayam kalkun yang dilakukan oleh masyarakat barat terutama seperti di Amerika dan Inggris juga diadopsi oleh negara Jepang selama bulan desember khususnya mendekati hari Natal, namun dibalik semua itu terdapat sejarah unik masyarakat Jepang dalam mengadopsi budaya ini, yaitu oven Jepang cenderung terlalu kecil untuk kalkun, serta ayam kalkun juga susah untuk dibeli membuat orang jepang menggantinya dengan ayam panggang biasa sebagai pengganti atau juga populer untuk pergi ke KFC karena KFC merupakan produk Amerika.

5. Santa Claus
Hadirnya Santa Claus juga dikenal oleh masyarakat Jepang selama hari natal dan sejarahnya karena diperkenalkan oleh militer Amerika kepada anak-anak Jepang selama periode perang dunia kala itu. Sering sekali terlihat orang asing yang bekerja menjadi santa claus di Jepang untuk menghibur para anak-anak. Sosok santa claus terkadang membuat takut para anak-anak Jepang yang tidak terbiasa.

6. Tokyo Disneyland
Disneyland termasuk produk barat oleh karena itu sekitar hari natal area hiburan keluarga ini sangat meriah dan populer di Jepang.

7. Taman Lampu
Mengapa dikatakan taman lampu, karena di Jepang terutama kota Tokyo memiliki beberapa lampu Natal paling mengesankan di dunia. Anda akan melihat banyaknya hiasan-hiasan lampu yang sangat indah dipusat-pusat kota ketika bulan desember tiba terutama ketika mendekati malam natal, kota-kota besar lain seperti Osaka, Kyoto dan Sapporo juga memiliki hiasan lampu yang meriah.

8. Baju Santa
Anda tahu kan bila di Jepang cukup banyak masyarakatnya yang gemar melakukan sebuah cosplay ataupun menggunakan baju-baju yang eksentrik, nah budaya tersebut juga memasuki hari Natal dengan terlihat cukup banyak orang-orang yang menggunakan baju santa mulai dari pria dan wanita. Bajunya juga bermacam-macam tidak hanya santa biasa tetapi banyak baju santa yang dimodif menjadi lebih modis dan fashionable.

9. Pohon Natal
Pohon natal menjadi simbol besar dalam kemeriahan hari natal, di Jepang anda juga akan menemukannya. Pesona pohon natal di Jepang seperti sebuah patung pertunjukan, menjadi tempat untuk berfoto yang sangat menarik. Salah satunya seperti pohon natal Jumbo Mikimoto di Ginza atau “pohon putih” KITTE di Marunouchi sangat menarik perhatian pengunjung setiap tahunnya.

10. Rakugan
Rakugan adalah permen tradisional Jepang dan biasanya dibentuk menjadi pernak-pernik natal selama bulan desember dengan bahan dasar gula, tepung kedelai dan bubuk manis lainnya. Mereka dianggap sebagai makanan penutup yang baik yang sesuai untuk acara formal seperti upacara minum teh.

Meriahnya Hari Natal Di JepangItulah sebagian besar yang terjadi ketika hari Natal tiba di Jepang.