Universitas Unindra Akan Selenggarakan Seishun Matsuri Pada Awal 2018

Universitas Unindra Akan Selenggarakan Seishun Matsuri Pada Awal 2018Seni Budaya Jepang – Sebuah acara festival budaya Jepang atau disebut Matsuri akan diselenggarakan oleh  Universitas Indraprasta PGRI atau sering disebut dan disingkat dengan Unindra. Seishun Matsuri sendiri adalah sebuah event kebudayaan yang terdiri dari kebudayaan Jepang dan Indonesia yang dibuat oleh UKM Japanese Zone Universitas Indraprasta PGRI, sebagai wujud kepedulian mahasiswa sebagai generasi muda untuk melestarikan nilai budaya. Budaya bukanlah tentang suatu hal yang kuno dan tidak menarik di masa sekarang, tetapi budaya juga bagian dari identitas, ciri khas, keunikan, yang tidak lekang oleh zaman. Perlu adanya kreativitas dari generasi muda untuk menciptakan suatu daya tarik bagi bentuk-bentuk kebudayaan, dengan penuh semangat dan menciptakan generasi yang harmonis di tengah beragamnya kebudayaan yang ada.

Simak Juga : Festival Menghanyutkan Boneka Dalam Hinamatsuri

Acara ini tentunya merupakan sebuah acara kebudayaan yang diciptakan oleh sebuah organisasi yang bernama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Japanese Zone. Organisasi ini mewadahi kegiatan mahasiswa dalam menyalurkan aspirasi, minat, bakat dan kreativitas mahasiswa Unindra PGRI terhadap kebudayaan Jepang, serta mensosialisasikan atau mempromosikan sebuah kebudayaan Jepang yang positif di kalangan para mahasiswa, meskipun acara ini mempromosikan dan juga memperkenalkan sebuah kebudayaan Jepang konsepnya tetap menghargai kebudayaan Indonesia yang juga ikut serta dimasukan kedalam acara ini. Dengan kata lain pihak organisasi UKM ini ingin menyatukan kedua buah kebudayaan yaitu Jepang dan Indonesia dalam sebuah acara yang menarik.

Penjelasan singkatnya adalah Seishun Matsuri merupakan sebuah acara atau event yang memadukan kedua kebudayaan Jepang dan Indonesia, dengan menghadirkan beberapa kebudayaan Indonesia dan juga Jepang secara bersamaan sehingga diharapkan para generasi muda terutama para mahasiswa dapat lebih peduli tentang sebuah nilai kebudayaan. Acara ini juga berkaitan dengan awal mulanya semester baru bagi Universitas Unindra dan dengan adanya Seishun Matsuri ini pihak UKM Japanese Zone sangat berharap dapat menarik banyak minat para mahasiswa untuk bergabung bersama keluarga besar UKM Japanese Zone Unindra.

Acara yang akan berlangsung pada awal tahun 2018 mendatang ini juga memiliki sebuah tema yaitu Wakai No Chikara (Spirit of the Youth) yang artinya adalah Semangat Generasi Muda. Sesuai dengan temanya acara ini memang mengajak para pemuda Indonesia untuk memiliki semangat yang besar dalam menghasilkan sebuah karya atau mencapai cita-cita, generasi muda tidak boleh mudah untuk putus asa dan harus memiliki jiwa yang positif itulah tema yang ingin disampaikan dalam acara ini kepada para pengunjung dan peserta nantinya. Acara ini juga akan diramaikan oleh sejumlah guest star yang diundang, lalu juga ada beberapa lomba yang akan diselenggarkan dan juga dihadiri beberapa booth-booth penjual makanan dan merchandise.

Bentuk Kegiatan yang akan ditampilkan pada acara Seishun Matsuri di bagi menjadi beberapa bagian :

  • Guest Star
  • Lomba Band
  • Lomba Dance Cover
  • Lomba Karaoke
  • Lomba Kanji/Kana
  • Bazar
  • Cosplay

Peserta Kegiatan
Pengunjung dan peserta yang berpartisipasi dalam Seishun Matsuri ditargetkan sekitar 1.000 orang dengan sasaran sebagai berikut:

  • Masyarakat
  • Mahasiswa dan pelajar
  • Komunitas – komunitas pecinta budaya Jepang dan Indonesia

 

Berikut informasi mengenai acara.

Waktu dan Tempat
Tanggal : Minggu, 11 Februari 2018
Waktu : 07.00 s.d 17.00 WIB
Tempat : Kampus B Unindra, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur

INFORMASI LEBIH LANJUT

Contact Person
0812-8972-2536 (Lutfi)
0896-4471-5044 (Angga)

Email : [email protected]
FB Fanspage : Seishun Matsuri
Twitter : @seishunmatsuri
Instagram : seishunmatsuri