Sebuah Seragam Dalam Tradisi Kehidupan Jepang

Tradisi Budaya Jepang – Tahukah anda bila negara Jepang merupakan negara yang juga sangat disiplin, hal tersebut terlihat dari cara mereka bekerja dan juga pakaian yang dipakai. Dalam banyak aktivitas di Jepang menggunakan sebuah seragam, dari mulai aktivitas biasa sampai pekerjaan serius memiliki sebuah seragam hal ini menjadi fakta menarik bila Jepang salah satu negara yang menyukai adanya seragam. Bahkan seragam sekolah Jepang menjadi salah satu seragam sekolah yang terkenal di dunia dan banyak negara-negara lain menjualnya sekedar untuk sebuah koleksi.

Simak Juga : Arti Sebuah Filosofi Shoganai Bagi Masyarakat Jepang

Sebuah Seragam Dalam Tradisi Kehidupan JepangJepang sangat menyukai seragam terbukti dengan hampir setiap profesi di Jepang memiliki seragam dan hampir setiap anak sekolah di negara itu memakainya. Tidak seperti negara-negara barat yang dimana anak sekolah terkadang menggunakan baju bebas. Di negeri sakura seragam dipandang sebagai simbol profesionalisme dan pekerja di Jepang umumnya melihat seragam seperti sebuah penyemangat kerja bukan sebagai hal yang merepotkan. Tentu menjadi sebuah hal yang tidak biasa dalam tradisi masyarakat Jepang bila melihat seorang pekerja di Jepang menggunakan baju bebas, mereka beranggapan seperti kurang profesional bila tidak adanya sebuah seragam.

Sebuah Seragam Dalam Tradisi Kehidupan JepangSebuah Seragam Dalam Tradisi Kehidupan JepangBerikut ini beberapa contoh jenis seragam yang digunakan di negara Jepang.

New Graduates
Kelulusan bagi pelajar di Jepang berarti fase memasuki dunia pekerjaan dimana mereka akan melakukan lamaran pada perusahaan-perusahaan besar di Jepang, menentukan sebuah pekerjaan menjadi sebuah kesulitan bagi sebagian besar bagi para masyarakat Jepang oleh karena itu biasanya proses ini memakan waktu hampir satu tahun dan biasanya selama melakukan pelamaran kerja ini para pencalon akan menggunakan setelan serba hitam sehingga anda dapat mengenali dengan mudah orang yang mencari pekerjaan di Jepang.

Sumo
Pegulat Sumo mengenakan sabuk yang dikenal sebagai mawashi yang menandakan pangkat mereka. Seragam olahraga ini mungkin yang paling minimal jika dibandingkan dengan seragam olahraga lainnya.

Pekerja Stasiun
Pelayanan stasiun Jepang memang sangat berkualitas dan hal tersebut bisa dilihat dari penampilan para pekerjanya yang selalu berpakaian seragam lengkap dari mulai teknisi hingga tukang bersih-bersih yang tentunya setiap bagian memiliki seragam berbeda.

Restoran
Para pekerja restoran terutama restoran fast food selalu menggunakan seragam, terkecuali restoran tradisional yang biasanya hanya menggunakan pakaian bebas.

Penjaga Keamanan
Sebagai bagian dari kepolisian Jepang tentunya setiap institut keamanan selalu memiliki seragam khusus yang juga menandakan kedudukan mereka.

Pendeta / Miko
Para pendeta atau miko yang berada di kuil-kuil Jepang selalu memiliki pakaian mereka masing-masing yang juga merupakan sebuah seragam, para pendeta biasanya berseragam hitam dan Miko berseragam putih merah.

Konbini
Konbini atau supermarket di Jepang juga memberikan seragam kepada para staff mereka, khususnya konbini-konbini besar seperti 7-Eleven.

Pekerja Kantoran
Pekerja kantoran di Jepang sama seperti sebagian besar negara lainnya menggunakan setelan jas, dasi dan celana panjang serta sepatu pantopel.

Matsuri
Matsuri atau sebuah acara festival di Jepang sebagian besar memiliki seragamnya masing-masing.

Kendo
Ada lebih dari selusin seni bela diri Jepang yang unik, yang tentunya masing-masing memiliki seragam tradisionalnya sendiri. Mungkin yang paling menarik adalah masker, baju besi dan hakama dari Kendo.

Takkyubin
Takkyubin atau pelayanan antar barang di Jepang juga menggunakan seragam untuk para karyawannya.

Itulah beberapa contoh seragam yang digunakan oleh masyarakat Jepang yang sebenarnya masih banyak lagi.