Resep Mudah Membuat Sup Miso Jepang

Kuliner Jepang – Sup Miso adalah salah satu makanan khas Jepang yang cukup terkenal, kehadirannya telah dikenal oleh banyak para masyarakat luar negeri dan juga telah banyak dihindangkan pada resto-resto yang berkonsep masakan Jepang, biasanya  sup miso dihidangkan bersama nasi putih sebagai menu sarapan pagi di banyak rumah-rumah di Jepang. Sup miso biasanya dimakan di rumah, walapun ada juga sup miso yang dihidangkan di warung atau restoran tradisional Jepang (ryotei). Sup miso instan adalah sup miso dalam kemasan yang cukup diseduh dengan air panas.

Bagi masyarakat Jepang sup miso merupakan masakan sangat sederhana yang sangat mudah disiapkan dalam waktu singkat, bahan-bahannya pun hanya berupa kaldu dari katsuobushi, sedikit isi sup, dan miso. Meskipun sup miso dikategorikan sebagai masakan Jepang yang sederhana tetapi rasa yang dihasilkan sangat luar biasa dan juga bisa berbeda-beda tergantung pada jenis miso yang digunakan untuk sup, cara mengambil kaldu dari katsuobushi dan keterampilan orang yang membuatnya.

Pada kebudayaan Jepang yang menjadikan nasi atau nasi dari berbagai jenis padi-padian sebagai makanan utama, sup miso mempunyai peran penting sebagai makanan pendamping yang paling utama. Pada umumnya, makanan utama sehari-hari orang Jepang sejak zaman dulu disebut 一汁一菜 (ichijū issai) yakni satu set berupa nasi dengan sup seperti sup miso dan satu jenis lauk. Kali ini artforia akan memberikan sebuah resep cara dalam membuat sup miso dengan mudah dan tentunya lezat.

Simak Juga : 7 Buah Khas Jepang Yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Resep Membuat Sup Miso JepangBahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuatnya.

  • 2 sendok teh dashi butiran
  • 4 gelas air
  • 3 sendok makan pasta miso
  • 1 (8 ons) paket tahu sutra, potong dadu
  • 2 bawang hijau, diiris secara diagonal menjadi potongan 1/2 inci

Cara dalam membuatnya.

Dalam panci sedang dan api yang sedang, campurkan butiran dashi dan air lalu didihkan. Setelah mendidih kurangi besar api sehingga mengurangi panas, dan kocok dalam pasta miso. Aduk tahu. Potong daun bawang dan tambahkan ke dalam sup. Didihkan perlahan 2 sampai 3 menit sebelum disajikan.

Catatan : Dashi adalah kaldu dasar yang biasanya sering digunakan dalam masakan Jepang dan dibuat dengan merebus kelp kering (rumput laut) dan bonito kering (ikan). Butiran dashi instan dijual dengan stoples berukuran cukup besar atau paket dan bervariasi kekuatannya. Tambahkan lebih banyak dashi ke sup Anda. Jika Anda menginginkan rasa kaldu yang lebih kuat, anda bisa menggunakan pasta miso kuning, putih atau merah untuk sup ini. Miso kuning manis dan lembut, miso merah lebih kuat dan lebih asin. Itadakimasu! (いただき ます).