Publisher Game Jepang Yang Paling Terkenal

Dunia Hobi Jepang – Setelah sebelumnya sempat membahas dan juga melakukan survey mengenai 5 Role Playing Games jepang terpopuler, kini Artforia akan membahas tentang publisher game yang terkenal di Jepang. Jepang yang merupakan salah satu negara terbesar dalam memproduksi sebuah game tentu memiliki beberapa publisher raksasa ternama didunia. Hampir seluruh gamer didunia pernah memainkan salah satu game dari publisher-publisher terkenal Jepang, dari mulai konsol klasik pertama sampai era playstation 4 serta nitendo switch pada saat ini publisher-publisher tersebut masih tetap eksis mengeluarkan game-game terbaru. Apa sajakah publisher tersebut mari lihat dibawah ini.

Simak Juga : 5 Role Playing Game Jepang Terpopuler Versi Artforia

 

Bandai Namco

Publisher Game Jepang Yang Paling TerkenalBagi para penggemar game Digimon, Dragon Ball dan juga Naruto pasti tidak mungkin tidak mengenal sosok Bandai Namco yang merupakan salah satu raksasa publisher game Jepang. Rata-rata sebagian besar games yang mereka keluarkan bergenre action dan juga arcade namun juga ada beberapa RPG games yang terkenal. Bandai Namco sendiri di dirikan pada tanggal 1 Juni 1955, Shinagawa, Tokyo, Tokyo, Jepang. Dulunya hanya bernama Namco namun kini berubah menjadi Bandai Namco.

 

Capcom

Publisher Game Jepang Yang Paling TerkenalUntuk publisher satu ini memang juga terkenal didalam dunia games terutama dimata para console gamer dengan beberapa produk eklusifnya yang banyak muncul pada platform-platform tertentu seperti Playstation, XBOX dan Nitendo, produk-prduk gamesnya yang sangat terkenal diantara lain adalah Resident Evil, Monster Hunter, Street Fighter, Devil My Cry dan masih banyak lagi telah menghiasi para dunia gamer dari generasi ke generasi. Capcom sendiri didirikan pada tanggal 30 Mei 1979, Chūō-ku, Osaka, Prefektur Osaka, Jepang.

 

SquareEnix

Publisher Game Jepang Yang Paling TerkenalUntuk publisher yang satu ini sangat terkenal dengan produk-produk game RPGnya terutama untuk games Final Fantasy yang sudah terproduksi sampai beberapa series hingga saat ini. Selain produk unggulannya Squareenix juga memiliki games-games lain yang sangat dikenal publik seperti Parasite Eve, Tomb Raider, Kingdom Heart, Life is Strange, Nier : Automata dan masih banyak lagi tentunya. Ketika dulu publisher ini bernama SquareSoft namun setelah mengalami perubahan kontrak akhirnya berubah menjadi SquareEnix. Di dirikan pada tanggal 22 September 1975, Shinjuku, Tokyo, Jepang.

 

Konami

Publisher Game Jepang Yang Paling TerkenalKonami menjadi salah satu publisher game Jepang yang terkenal lewat produk-produk games olahraga yaitu salah satu karya masterpiecenya adalah PES (Pro Evolution Soccer) yang telah ada sejak generasi pertama game konsol di Jepang. Selain game olahraganya beberapa game genre lain juga terkenal seperti Metal Gear Solid, Silent Hill dan juga Castlevania, namun publisher ini sempat mengalami kendala dengan salah satu developer terkenal yang pernah bekerja dengannya yaitu Hideo Kojima. Masalahnya dengan Hideo Kojima sempat memberikan respon negatif publik terhadap publisher ini. Konami sendiri di dirikan pada tanggal 21 Maret 1969, Toyonaka, Prefektur Osaka, Jepang.

 

Atlus & Sega

Publisher Game Jepang Yang Paling TerkenalMengapa digabung karena memang kedua perusahaan ini memiliki hubungan yang sangat dekat dan bahkan pada acara Electronic Entertainment Expo 2016 kedua perusahaan ini berbagi booth bersama. Kehadiran Sega dan Atlus memang telah banyak mempengaruhi dunia games didunia terutama unuk Sega yang sangat berjaya pada era tahun 80an dan 90an dimana konsolnya sangat laris dibeberapa negara. Saat ini Atlus juga memiliki beberapa game terkenal dan bahkan games Persona 5 besutan Atlus berhasil menjadi nominasi game of the year pada tahun 2017.

 

KOEI

Publisher Game Jepang Yang Paling TerkenalKoei merupakan salah satu publisher terkenal dibalik kesuksesan game Dinasty Warior, selain games yang menggunakan sejarah tiga kerajaan tersebut Koei juga memiliki beberapa game lain yang sangat terkenal seperti Samurai Warior, Romance Three Kingdom, dan Fire Emblem. Publisher ini memang terkenal menjadi publisher game strategi dan juga perang klasik. Namun pada tanggal 1 April 2009 Koei memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak lain yang merubah namanya menjadi Koei Tecmo atau disingkat KT. Koei sendiri telah berdiri sejak 25 Juli 1978, Ashikaga, Prefektur Tochigi, Jepang.

Itulah beberapa publisher game Jepang yang sangat terkenal menurut hasil survey yang dilakukan oleh Artforia dan juga beberapa sumber lainnya, tentunya untuk anda para gamer pernah memainkan salah satu produk games yang mereka keluarkan.