Perjalanan Industri Otomotif Jepang

Seni Budaya Jepang – Seperti yang sudah banyak diketahui bila Jepang juga merupakan sebuah negara penghasil otomotif yang cukup besar, salah satu negara terbesar yang memproduksi sebuah mobil di Asia. Bisa dikatakan Jepang adalah rumah bagi beberapa perusahaan mobil terbesar di dunia dan para masyarakatnya juga sangat mencintai produk mobil dalam negeri.

Di Tokyo, biasa bagi keluarga memiliki mobil yang hanya mereka gunakan pada akhir pekan karena perjalanan dengan kereta api atau kendaraan umum lainnya pada hari kerja adalah aktivitas normal di negeri sakura ini. Sebuah mobil customisasi sangat populer seperti yang ditunjukkan dan dipamerkan pada beberapa acara otomotif salah satunya adalah Tokyo Auto Salon, jadi sudah menjadi hal biasa melihat beberapa mobil yang cukup unik melintas di jalan kota saat malam atau juga dipinggiran kota.

Perjalanan Industri Otomotif JepangMeskipun Jepang merupakan salah satu negara penghasil mobil terbesar di dunia, uniknya budaya masyarakatnya yang lebih nyaman menggunakan kendaraan umum untuk berpergian membuat jumlah penggunaan mobil di Jepang sendiri tidak sebesar negara-negara lain yang mengimpor mobil dari Jepang.

Simak Juga : Legenda Pedang Masamune Dan Muramasa

Perjalanan Industri Otomotif JepangMenurut catatan sejarah yang ada para produsen mobil Jepang mulai memasuki pasar Amerika selama krisis minyak pada tahun 1970an, kala itu bentuk model mobil Jepang yang kecil dan irit bahan bakar terlihat bagus dan cocok untuk para pengemudi di Amerika. Awalnya mobil Jepang di cap jelek oleh sebagian besar negara yang menyebutnya dengan low quality, namun seiring waktu dan perkembangan nampak terlihat jelas bila kualitas dan mobil buatan Jepang menyamai atau bahkan mampu melampaui model-model produk mobil buatan Amerika maupun Eropa.

Pada awalnya pabrik-pabrik penghasil mobil Jepang hanya menciptakan mobil-mobil kelas ekonomi dan pengangkut barang saja, namun seiring berkembang dan meningkatnya minat konsumen kini beberapa merk mobil Jepang telah membuat cabang-cabang produksi lain yang memperkenalkan model-model baru seperti mobil Minivan, Sport, Luxury, SUV dan beberapa jenis mobil lainnya yang diluar konteks kelas ekonomi. Pabrik-pabrik produsen Mobil Jepang mengalami perkembangan yang baik dan pesat bahkan sekarang beberapa brand atau merk pabrikan mobil Jepang sudah sangat di kenal di dunia dan Amerika menjadi salah satu negara yang paling rajin mengimpor mobil-mobil dari Jepang terutama untuk kendaraan besar seperti truk dan bus.

Perjalanan Industri Otomotif JepangTercatat bila industri otomotif Jepang adalah salah satu industri yang paling menonjol dan terbesar di dunia. Jepang telah berada di tiga besar negara dengan total mobil yang diproduksi sejak tahun 1960an, melebihi Jerman. Industri otomotif di Jepang meningkat pesat dari tahun 1970an sampai 1990an (saat berorientasi pada penggunaan domestik dan ekspor di seluruh dunia) dan pada tahun 1980an dan 1990an, melampaui AS sebagai pemimpin produksi hingga 13 juta mobil per tahun yang diproduksi dan ekspor signifikan Setelah kenaikan besar-besaran oleh China pada tahun 2000an dan output A.S. yang menurun, Jepang sekarang merupakan produsen otomotif terbesar ketiga di dunia dengan produksi tahunan sebesar 9,9 juta mobil pada tahun 2012. Investasi Jepang juga sangat membantu menumbuhkan industri otomotif di banyak negara selama beberapa dekade terakhir.