Pentingnya Sebuah Budaya Menunduk Bagi Masyarakat Jepang

Tradisi Budaya Jepang – Sebuah gerakan tubuh membungkuk merupakan sebuah gerakan yang sangat penting didalam kehidupan masyarakat Jepang, bagaimana tidak gerakan ini memiliki banyak manfaat didalam kehidupan orang Jepang selain memberikan hormat juga digunakan sebagai permintaan maaf atau juga berterima kasih, membungkuk memang menjadi ciri khas negara Jepang dalam melakukan hormatnya. Artforia akan membagikan informasi mengenai seberapa pentingnya budaya menunduk bagi masyarakat Jepang.

Simak Juga : Tradisi Pemakaman Drive-Thru Yang Mengundang Kontroversi

Pentingnya Sebuah Budaya Menunduk Bagi Masyarakat JepangMenyapa / Sambutan
Sudah menjadi sebuah tradisi dari dulu untuk orang Jepang memberikan sapaan atau sambutan kepada tamu yang datang atau bertemu dengan kerabat dengan menundukan kepala dan bahunya sedikit sekitar 10%, tradisi ini juga merupakan bagian sikap formal masyarakat Jepang.

Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan diri adalah hal yang membutuhkan rasa hormat yang tinggi di Jepang oleh karena itu biasanya dilakukan dengan membungkukan tubuh selama 1 detik sambil mengatakan beberapa kata pengenalan, bila lawan bicara merupakan orang penting maka membungkuk 45 derajat biasa dilakukan.

Memberikan Hormat
Menjadi salah satu tradisi utama dalam membungkuk adalah memberikan hormat kepada lawan bicara.

Olahraga
Dalam pertandingan olahraga juga biasa dilakukan beberapa hormat kepada pihak lawan sebelum bertanding dengan membungkuk sebesar 10 derajat.

Keagamaan
Dalam keagamaan atau dalam bidang religi membungkuk juga menjadi sebuah tradisi dalam memberikan hormat dan terima kasih kepada dewa-dewi yang telah memberikan berkat dan perlindungan.

Bela Diri
Dalam seni bela diri di Jepang sebuah tradisi membungkuk juga sangat penting dan memiliki caranya tersendiri, hal ini untuk menghormati seorang guru yang telah melatih atau juga pihak lawan.

Pelayanan
Dalam beberapa pelayanan publik seperti misalnya kereta api para staffnya akan memberikan hormat membungkuk sebesar 20 derajat kepada para penumpang sebagai tanda hormat dan kesopanan dalam bekerja.

Terima Kasih
Dalam memberikan terima kasih masyarakat Jepang sebagian besar tidak cukup hanya melalui kata-kata atau bersalaman tetapi terkadang juga dilakukan dengan membungkuk, seperti misalnya dalam acara pernikahan.

Pertunjukan
Sebelum melakukan pertunjukan beberapa aktor atau seniman yang akan tampil selalu memberikan hormat dengan membungkuk sekaligus memberikan respon atas tepuk tangan yang diberikan para penonton.

Permintaan Maaf
Permintaan maaf juga menjadi salah satu hal utama orang Jepang dalam membungkuk kepada pihak lain, beberapa permintaan maaf juga akan mempengaruhi gerakan tubuh saat membungkuk. Misalnya bila meminta maaf secara besar atas sebuah kejadian yang cukup merugikan biasanya akan membungkuk 45 derajat dan bertahan selama 15 sampai 20 detik sebagai ungkapan penyesalan yang sangat besar.

Pentingnya Sebuah Budaya Menunduk Bagi Masyarakat JepangItulah beberapa tradisi membungkuk yang dilakukan masyarakat Jepang dalam kehidupan mereka sehari-hari semoga dapat memberikan anda informasi yang bermanfaat.