Patung Pembawa Keberuntungan Maneki Neko

Artforia – Pernahkah Anda merasa penasaran pada boneka kucing emas yang tangannya mengayun atas bawah yang sering Anda temukan di restoran atau toko toko milik orang Asia? Berikut ini adalah berbagai cerita menarik di balik boneka tersebut. Kalau kalian pernah mengunjungi restoran China atau Jepang, supermarket yang menjual produk Asia, atau toko-toko yang biasanya ada di Chinatown, mungkin kalian akan sering melihat boneka kucing kecil tergeletak di sebelah kasir. Boneka kucing kecil ini di sebut sebagai kucing pembawa keburuntungan, dan konon katanya sangat terkenal di budaya Jepang dan China. Boneka ini dianggap sebagai suatu jimat yang dipercaya mampu menyerap rezeki dan keberuntungan untuk sang pemilik. Karena itulah boneka ini akan sering di temui di toko-toko, tempat makan, dan tempat bisnis lainnya.

Yang menarik, konon ada mitos tentang gerakan tangan patung kucing itu . Saat tangan sebelah kiri diangkat, ini menandakan bahwa hal ini akan menarik pelanggan untuk datang. Bila yang kanan diangkat, ia akan mengundang rezeki dan uang. Apabila kedua cakarnya diangkat, ini berarti boneka kucing tersebut sedang meminta perlindungan. Begitu pula untuk warnanya, konon ada makna tersendiri.

Warna Calico ( krem): kombinasi warna tradisional, dianggap paling membawa keberuntungan.

warna Putih: kebahagiaan, kesucian, dan hal hal positif untuk datang.

warna Emas: kekayaan dan kemakmuran.

warna Hitam: menyangkal aura jahat.

warna Merah: berhasil di hubungan antara teman dan cinta dan

warna Hijau: kesehatan yang gemilang.

Maneki Neko juga mengenakan dan membawa aksesoris seperti  kain alas dada, kalung leher, dan lonceng. Konon , hal ini karena pada masa Edo, para juragan kaya banyak yang mendandani kucing peliharaannya  seperti itu. selain itu, ada juga sebuah lonceng yang diikatkan di kalung lehernya supaya pemiliknya tahu keberadaan kucingnya jika hilang. Aksesoris lainnya pada Maneki Neko biasanya juga terdapat Logam oval emas seharga 1 Ryo karena pada masa  Edo, satu Ryo mempunyai nilai nominal yang sangat besar, Ada juga patung yang membawa Ikan, biasanya ikan carper karena Ikan ini simbol dari kelimpahan dan rezeki baik.