Nikmati Perjalanan Anda Dengan Menu Makanan Ekiben

Berita Travel Jepang – Ekiben atau bisa dikatakan makanan dengan kecepatan tinggi, karena pada konteksnya Ekiben adalah sebuah paket makanan atau nasi bentu yang dijual dan disajikan pada stasiun-stasiun atau kereta api di seluruh Jepang, kehadiran mereka sangat populer dan tidak sedikit para masyarakat Jepang yang menikmati Ekiben selama perjalanan mereka menaikin kereta api ataupun kendaraan umum lainnya.

Ekiben (駅 弁) paling sering dinikmati di jalur shinkansen Jepang. Namun kereta-kerta jenis lainnya juga menyediakan Ekiben. Stasiun Shinkansen semuanya memiliki toko ekiben. Setiap stasiun memiliki keistimewaan Ekiben lokalnya sendiri. Beberapa stasiun bahkan telah memiliki Ekiben khas yang telah dikenal oleh banyak orang. Didalam dunia periklanan Jepang banyak sekali yang menampilkan produk makanan dan Ekiben menjadi salah satu produk yang juga sering di iklankan.

Ekiben sendiri menjadi menu favorit oleh kebanyakan masyarakat Jepang dan mungkin anda sendiri akan  menemukan cukup banyak blog-blog Jepang yang menceritakan tentang makanan satu ini, menurut survey yang ada terdapat sekitar ratusan ekiben yang terkenal di Jepang. Misalnya, Marunochi ekiben dari stasiun Tokyo terkenal di Jepang. Nama Marunouchi berasal dari likungan luas stasiun Tokyo terinspirasi oleh makanan ringan yang dimakan saat jeda pertunjukan kabuki di daerah tersebut pada era Edo.

Simak Juga : Keindahan Alam Tanpa Batas Prefektur Yamagata

Nikmati Perjalanan Anda Dengan Menu Makanan EkibenPasar yang mulai ketat persaingan membuat sejumlah penjual Ekiben menawarkan hidangan mereka dengan tampilan-tampilan yang eksotis dan menarik untuk memikat pelanggan. Misalnya, Bento Ikameshi dari Stasiun Mori di Hokkaido terdiri dari cumi-cumi boneka beraroma. Selain itu juga ada Ekiben lainnya yang terkenal karena bentuk dari kotak ekiben mereka. Ini datang dalam wadah yang bisa dijadikan souvenir atas perjalanan anda. Misalnya, Daruma Bento dari Takasaki yang berbentuk seperti boneka Daruma yang dalamnya berisikan makanan.

Selain itu harga Ekiben juga sangat bersahabat, sebagian besar harganya antara 700 dan 1500 yen. Pada beberapa produk yang paling mahal tercatat harganya mencapai 3000 yen. Bila dilihat sekilas Ekiben memang menyerupai santapan lezat yang sebanding dengan makanan kelas bisnis di sebuah maskapai penerbangan. Sebaiknya beli Ekiben di stasiun-stasiun Jepang karena memiliki ciri khas tersendiri namun biasanya cepat habis terjual.

Nikmati Perjalanan Anda Dengan Menu Makanan EkibenNikmati Perjalanan Anda Dengan Menu Makanan EkibenDalam memakan Ekiben juga memiliki sikap yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jepang yaitu Ekiben biasa diberikan dengan sebuah plastik pembungkus diluarnya dan bila makanan telah habis gunakan bungkus plastiknya tersebut untuk menutup erat-erat kotak Ekiben yang telah abis. Hal ini mencegah bau dari makanan yang bisa mencemari aroma di dalam kabin kereta atau kendaraan lainnya selama seluruh perjalanan dan ketika turun dari Kereta barulah buang kotak Ekiben anda pada tempat sampah yang telah disediakan pada setiap stasiun.