Myoryuji, Sebuah Kuil Di Kanazawa Yang Di Kenal Kuil Ninja

Di Kanazawa, Jepang, terdapat sebuah o-tera atau kuil unik. Kuil yang bernama asli Myoryuji ini dikenal juga dengan nama aliasnya, yaitu Kuil Ninja. Apa saja sih keunikan kuil ini?

DI KUIL INI KITA BISA MERASAKAN RASANYA TERSESAT DI KASTIL NINJA

Di kuil ini dipasangi dengan berbagai macam trik bagaikan rumah ninja, sehingga mendapat nama alias Kuil Ninja. Sebenarnya kuil ini tidak memiliki keterkaitan apapun dengan ninja, namun bangunan kuil ini sangat kompleks dan membingungkan bagaikan labirin, sehingga dikatakan juga bahwa sekali memasukinya tidak akan bisa keluar.

KUIL INI DIBANGUN UNTUK MENGANTISIPASI BAKUFU

(Image: allabout.co.jp)
(image: allabout.co.jp)

Kuil unik ini dibangun oleh pimpinan Klan Kaga generasi ketiga, Toshinaga Maeda pada tahun ke-2 Kan’ei (tahun 1643) memindahkan kuil di atas tempat peribadatan di dekat Kastil Kanazawa. Klan Kaga yang selalu diawasi oleh Bakufu Tokugawa membuat kuil ini untuk mengantisipasi serangan dari pemerintahan Bakufu.

Kuil ini nampak seperti kuil biasa dari luar, namun itu adalah salah satu trik kuil ini. Kuil ini dari luar terlihat hanya memiliki 2 lantai, namun sebenarnya di dalamnya memiliki 4 lantai dengan 7 lapisan struktur internal. Ini karena aturan bakufu saat itu melarang bangunan lebih dari 3 lantai.

Selain itu pada 2 lantai di tengah dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki 23 ruangan dan 29 tangga, manjadikannya bagaikan labirin  yang mudah menyesatkan orang. Oleh sebab itulah wisata ke kuil ini harus selalu bersama dengan guide khusus, karena jika tidak hati-hati, di kuil ini banyak terdapat lubang jebakan, dan ruangan yang sekali dimasuki tidak bisa keluar lagi. Jika tersesat di dalamnya maka akan sangat berbahaya.

JEBAKAN DI KOTAK PERSEMBAHAN DAN TANGGA

(Image: allabout.co.jp)
(image: allabout.co.jp)

Di bagian pintu depan kuil unik ini terdapat kotak uang persembahan. Sepintas kotak persembahan ini seperti kotak persembahan biasa, namun sebenarnya kotak ini memiliki lubang sedalam 2 meter yang bisa dipakai sebagai lubang jebakan.

(Image: allabout.co.jp)
(image: allabout.co.jp)

Setelah melewati kotak persembahan, di bagian kiri menuju aula utama, terdapat tangga terpencil yang lantainya dapat terlepas, membuatnya menjadi lubang jebakan kedua. Jebakan ini tidak sedalam jebakan pertama, namun musuh yang terjatuh ke sini akan dihabisi oleh penjaga yang berjaga di dalam lubang itu.

Alasan dibuat 2 lubang jebakan di sini adalah untuk menakuti musuh, memberi kesan bahwa kuil ini tidak dapat dimasuki dengan mudah.

PINTU AJAIB DAN TANGGA TERSEMBUNYI DENGAN PINTU YANG MENGUNCI SENDIRI

Pada pintu di samping lubang jebakan yang kedua, ada trik lain yang terpasang. Pintu ini terdiri dari 2 buah pintu geser, di mana pintu geser kiri menuju ke luar kuil, sedangkan pintu geser kanan menuju tangga untuk masuk ke ruangan dalam. Jika dikejar musuh dari luar dan masuk ke dalam kuil melalui pintu ini, maka setelah masuk kita dapat bersembunyi di tangga sebelah kanan, dan ketika musuh masuk, maka tangga itu akan tersembunyi oleh pintu, sehingga musuh akan berlalu begitu saja ke dalam ruangan, dan selanjutnya kita bisa balik mengejarnya.

(Image: allabout.co.jp)
(image: allabout.co.jp)

Di bagian belakang aula utama pun terdapat tangga tersembunyi. Jika kita membuka pintu geser lemari dan membuka lantai di depannya maka akan ada tangga tersembunyi menuju lorong bawah tanah yang bisa digunakan untuk melarikan diri. Selain itu pada lantai tersebut diberi trik khusus sehingga jika pintu geser ditutup, maka secara otomatis akan terkunci sehingga tidak bisa dibuka lagi.

JEBAKAN TANGGA BERCELAH, MENARA PENGAWASAN, DAN SUMUR DENGAN LORONG TERSEMBUNYI

Di ujung lorong terdapat sebuah tangga bercelah di mana di baliknya terdapat tempat bersembunyi. Penjaga yang bersembunyi di sini dapat menghabisi lawan yang melewati tangga dengan menggunakan tombak lewat celah tangga begitu melihat bayangan musuh tersebut.

(Image: allabout.co.jp)
(image: allabout.co.jp)

Di bagian atap aula utama terdapat bagian menonjol yang juga dapat digunakan sebagai Menara pengawas. Di Menara pengawas ini disediakan cermin untuk berkomunikasi dengan kastil Kanazawa menggunakan cahaya.

Selain dapat menghubungi kastil dengan cepat, di dekat permukaan air dalam sumur yang terletak di dapur kuil terdapat lubang menuju lorong yang terhubung dengan Kastil Kanazawa.

Selain jebakan dan trik di atas, di kuil ini juga banyak jebakan-jebakan lain yang tidak kalah menarik, seperti ruangan yang pintunya hanya bisa dimasuki dari luar dan tidak bisa dibuka dari dalam, atau ruangan yang langit-langitnya dibuat rendah sehingga orang tidak bisa menebaskan pedang. Pastinya, kuil unik ini akan jadi tujuan yang menarik jika kalian berkesempatan mengunjungi Kanazawa.