Mitologi Jepang

Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Seni Budaya Jepang – Kita mengetahui bila setiap negara atau wilayah pasti memiliki sebuah sejarah misteri ataupun hal-hal kisah tentang para dewa, bukan hanya Yunani ataupun eropa utara saja yang memiliki sejarah-sejarah dewa yang menarik tetapi Jepang juga memilikinya, dalam bahasa Jepang artinya adalah Shinwa yang berarti “kisah mengenai para dewa.” Mitologi Jepang merupakan gabungan tema-tema pribumi dan yang berasal dari daratan Asia Timur, dan dipengaruhi oleh ajaran Buddhism dan Taoism. Mite Jepang pada umumnya agak tenang. Di dalamnya memang ada dewa penipu (trickster deity), tetapi tidak ada dewa yang memanifestasikan kejahatan. Sifat kompromiatis lebih banyak mendasari mitologi Jepang dibandingkan sifat konfrontatif.

BACA JUGA: LEGENDA SAKAKI, POHON SUCI AGAMA SHINTO

Jepang memang dikenal sebagai negara yang memiliki sejarah-sejarah mitos cukup banyak jumlah mitos serta dewa-dewa yang ada pada sejarah mitologi Jepang sangatlah banyak dan tentunya sangat menarik untuk diketahui, karena banyaknya orang luar Jepang serta warga Jepang sendiri yang antusias dengan sejarah mitologi Jepang ini maka tidak heran cukup banyak film serta game yang menggunakan unsur mitologi ini sebagai isinya, Mite Jepang yang dikisahkan dalam Kojiki dan Nihon Shoki terbagi menjadi tiga siklus. Siklus pertama adalah Siklus Takamagahara (dataran tinggi di surga), mengisahkan tentang munculnya para dewa, dan kisah tentang penciptaan surga dan dunia. Penguasa Takamagahara adalah dewi yang bernama Amaterasu Omikami. Selanjutnya, siklus yang kedua adalah Siklus Izumo (sekarang menjadi Prefektur Shimane), daerah di mana dewa Susanoo no Mikoto turun dari Takamagahara (keturunannya bernama Ookuni no Mikoto menguasai daerah ini, dan kemudian menyerahkannya kepada dewi Amaterasu Omikami). Dan yang ketiga yaitu Siklus Tsukushi (sekarang Pulau Kyushu, daerah di mana Ninigi no Mikoto, cucu laki-laki Amaterasu Omikami, turun menguasai wilayah Ashihara no Nakatsukuni (tanah Jepang, yang juga disebut sebagai Utsushi no Kuni atau tanah yang dihotmati, dan dari sanalah cicit dari Ninigi, kaisar legendaris Jinmu, meninggalkan daerah itu menuju Yamato (sekarang Prefektur Nara).

Seni Budaya Jepang | Artforia.comSeni Budaya Jepang | Artforia.comSeni Budaya Jepang | Artforia.com

Bagi kalian pecinta game ataupun film Jepang pastinya telah banyak menjumpainya character-character yang mengambil unsur dari mitologi ini dan salah satunya adalah anime terkenal Naruto yang memang juga menggunakan unsur mitologi Jepang, bila masih penasaran anda bisa telurusi website-website sejarah Jepang yang telah banyak beredar.