Mengenal Tradisi Pesta Hanami Dibawah Indahnya Bunga Sakura

Tradisi Budaya Jepang – Ketika musim bunga sakura tiba di Jepang memang menjadi saat yang sangat menyenangkan dimana akan terdapat sebuah tradisi yang sering dilakukan masyarakat Jepang pada setiap tahunnya secara rutin yaitu adalah tradisi Hanami, Hanami, yang secara harfiah memiliki arti “melihat bunga”, adalah tradisi Jepang mengadakan pesta di bawah pohon sakura saat mereka mekar. Namun tradisi ini juga bisa berlaku untuk bunga plum yang mekar dalam cuaca yang jauh lebih dingin. Mekarnya bunga sakura adalah sebuah simbol budaya Jepang dengan berbagai macam cara seni seperti musik, sastra dan film

Cara dalam pesta hanami cukup sederhana, Anda meletakkan tikar di bawah pepohonan dan menikmati makanan ringan dan minuman. Obrolan santai biasa dilakukan masyarakat Jepang dalam menjalani tradisi Hanami bersama keluarga atau rekan kerja mereka atau bahkan terkadang akan berlangsung cukup meriah dengan beberapa hiburan musik disekitarnya.

Simak Juga : Tradisi Melempar Garam Dalam Olahraga Sumo

artforia.comTradisi pesta Hanami adalah acara yang sangat meriah dan populer di Jepang sehingga hampir seluruh area di Jepang yang memiliki bunga sakura akan mengadakan tradisi ini, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Jepang untuk memesan tempat pesta di bawah pepohonan dengan tikar. Dalam beberapa kejadian terkadang orang Jepang rela datang ke lokasi lebih awal sebelum acara dimulai demi mendapatkan terlebih dahulu tempat yang bagus dibawah bunga sakura untuk tradisi Hanami.

Melepas sepatu sebelum naik ke atas tikar adalah hal yang sangat diwajibkan dalam tradisi ini, Terdapat pepatah lain dalam tradisi ini oleh masyarakat Jepang yaitu adalah “dumpling over flower”. Arti dari pepatah tersebut adalah orang sering lebih tertarik pada makanan dan minuman pada pesta hanami daripada bunga itu sendiri, pepatah itu mungkin ada benarnya karena sebagian besar masyarakat yang menghadiri pesta Hanami ini lebih sibuk makan dan minum ketimbang melihat bunga sakuranya.

artforia.comartforia.comMungkin anda akan mengira bila pesta Hanami akan berlangsung cukup sunyi dan tenang tetapi hal tersebut sangat berbeda karena sebenarnya sebagian besar pesta Hanami adalah tradisi pesta yang cukup meriah sehingga mungkin saja ada seorang DJ yang bermain musik dengan suara yang cukup besar seperti sedang melakukan konser, minum-minum pada luar ruangan dengan panorama yang indah memang sebuah budaya Jepang sedari dulu yang juga masuk kedalam tradisi Hanami.