Mengenal Lebih Dalam Tentang Kimono Pakaian Tradisional Jepang

Tradisi Budaya Jepang – Siapa yang tidak mengenal pakaian Kimono? pada saat ini ketenaran pakaian Kimono telah sangat mendunia sama seperti batik Indonesia, namun pakaian kimono bukanlah sebuah goresan pola seperti sebuah batik pada sebuah bahan pakaian namun kimono juga mencakup bentuk dari baju itu sendiri. Kimono (着 物, き も の) adalah pakaian tradisional Jepang yang telah tercipta sejak dahulu, kata “kimono” yang memiliki arti “benda untuk dipakai, bentuk dari baju kimono ini memang sungguh unik dan berciri khas serta biasanya baju kimono digunakan untuk acara-acara tertentu pada saat ini.

Simak Juga : Mengenal Tradisi Pesta Hanami Dibawah Indahnya Bunga Sakura

artforia.comSejarah baju tradisional Jepang ini memang sudah sangat panjang, secara tampilan kimono memiliki bentuk seperti huruf T dan berjajar lurus sehingga ujungnya jatuh ke pergelangan kaki, dengan kerah dan lengan panjang yang lebar. Kimono dililitkan di sekitar tubuh dan selalu dengan sisi kiri yang diatas sisi kanan terkecuali saat dipakaikan kepada orang mati untuk dimakamkan.  Pada bagian tengahnya kimono diikat dengan sebuah ikat pinggang yang disebut Obi, yang diikat di bagian belakang. Kimono umumnya dipadukan dengan sepatu tradisional (terutama zōri atau geta) dan kaus kaki terbelah (tabi).

Saat ini, kimono paling sering dipakai wanita, terutama pada acara-acara khusus. Secara tradisional, wanita yang belum menikah memakai gaya kimono yang disebut furisode, dengan lengan yang hampir melengkung. Kini hanya beberapa wanita berumur dan para pria yang menggunakan kimono pada setiap hari. Pria memakai kimono paling sering pada saat pesta pernikahan, upacara minum teh, dan acara lainnya yang sangat khusus atau sangat formal. Pegulat sumo profesional juga sering terlihat menggunakan sebuah kimono karena mereka diharuskan mengenakan pakaian tradisional Jepang setiap saat tampil di depan umum.

artforia.comartforia.comKimono adalah jenis pakaian yang berbahan dasar sutra dan dipadukan dengan beberapa aksesoris khusus, Kimono sendiri memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan pakaian-pakaian lainnya, membeli atau memakai sebuah kimono memang bukan sebuah tugas yang mudah. Perlu anda ketahui bila Kimono memiliki berbagai macam variasi kegunaannya masing-masing dengan makna simbolis dan konvensi yang berbeda-beda. Untuk memakai Kimono memang dibutuhkan keterampilan dahulu karena tidak seperti menggunakan pakaian biasa.

16 Alasan Orang Jepang dalam menggunakan Kimono.

  1. Geisha
  2. Pegulat Sumo
  3. Tampil dalam sebuah pentas seni tradisional
  4. Pada sebuah Matsuri (festival Jepang)
  5. Hanami (pesta dibawah bunga sakura yang pernah dibahas sebelumnya)
  6. Ikebana (kerajinan menghias kumpulan bunga)
  7. Upacara minum teh
  8. Beberapa Restoran Tradisional
  9. Pegawai Ryokan (Penginapan tradisional Jepang)
  10. Pegawai Toko (biasanya sejumlah toko para pegawainya menggunakan kimono agar terlihat formal)
  11. Kyudo (seni bela diri Jepang memanah)
  12. Acara pemakaman
  13. Tamu Pernikahan
  14. Groom (Budaya pernikahan agama Shinto)
  15. Acara kelulusan
  16. Shicigosan