Mengenal Kyudo Sebuah Seni Bela Diri Yang Menjadi Hobi

Dunia Hobby Jepang – Kehidupan Olahraga dan hobi di Jepang adalah salah satu hal yang cukup menarik untuk anda lihat, beberapa olahraga khas Jepang memang telah mendunia seperti contohnya adalah Sumo. Namun ada beberapa lagi yang juga menjadi sorotan dunia didalam dunia olahraga khas Jepang seperti salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah “Kyudo” yang merupakan cabang seni bela diri Jepang yang menggunakan panahan sebagai alatnya.

Simak Juga : 5 Hobi Tradisional Masyarakat Jepang

artforia.comartforia.comKyūdō didasarkan pada kata kyūjutsu (“seni panahan”), yang berasal dari profesi samurai pada jaman feodal Jepang.  Kyūdo kini telah dipraktekkan oleh ribuan orang di seluruh dunia. Pada tahun 2005, Federasi Kyudo Internasional memiliki 132.760 anggota dalam kelasnya, Awal adanya sebuah panahan di Jepang adalah pada pra sejarah. Gambar pertama yang menggambarkan busur simetris Jepang adalah berasal dari periode Yayoi (sekitar 500 SM – 300 M).

Kyūdō dipraktekkan pada beberapa sekolah yang berbeda, beberapa di antaranya menggunakan metode militer perang dan lainnya ada yang menggunakan metode upacara atau praktik kontemplatif. Oleh karena itu membuat pemahamannya berbeda. Beberapa menekankan estetika dan beberapa menekannya faktor efisiensi . Saat ini telah cukup banyak sekolah-sekolah panahan yang ada di Jepang dan bahkan diluar Jepang juga mulai banyak kursus-kursus untuk Kyudo ini termasuk Indonesia, aktivitas Kyudo sama seperti seni bela diri Jepang lainnya yaitu Kendo, Judo dan semacamnya dimana para murid akan berlatih pada sebuah Dojo khusus Kyudo yang memiliki area tembak panahan. Meskipun Kyudo adalah salah satu dari seni bela diri Jepang kini aktivitasnya seperti menjadi sebuah hobi bagi beberapa masyarakat Jepang yang memang sangat antusias dengan seni bela diri ini, terdapat banyak sekali catatan sejarah mengenai Kyudo yang dapat anda temukan dari berbagai sumber.

artforia.com