Mengenal Go Sebuah Permainan Catur Tradisional Jepang

Seni Budaya Jepang –  Hampir setiap biasanya memiliki sebuah permainan catur tradisional dan Jepang juga memilikinya dengan sebutan Go, Sebenarnya Go adalah permainan papan dua pemain kuno yang berasal dari China yang telah dimainkan di Jepang sejak abad ke-7. Disebutkan dalam beberapa catatan tertulis paling awal di Jepang termasuk Kisah Genji. Sistem dari permainan catur Jepang ini relatif lebih sederhana daripada catur biasa namun dalam beberapa kondisi dan aspek terkadang permainan Go lebih membutuhkan startegi yang lebih rumit daripada permainan catur.

Simak Juga : Cicipi Indahnya Hindangan Kaiseki Yang Istimewa

Mengenal Go Sebuah Permainan Catur Tradisional JepangSetiap putaran pemain diberi kesempatan untuk berjalan dengan menaruh 1 buah Go kedalam kotak kecil yang berukuran 19×19 pada papan catur. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengelilingi area yang lebih luas dengan potongan anda sendiri daripada lawan anda. Dalam kata lain seperti permainan merebutkan wilayah sampai area penuh yang dan yang memiliki area terbanyak dialah yang menang. Setelah ditaruh kedalam kotak-kotak kecil diatas papan maka batu-batu tersebut tidak bisa dipindahkan lagi maka dari itu harus hati-hati dan cermat dalam menaruhnya. Salah satu pihak yang batunya terkurung oleh batu lawan maka akan berubah menjadi milik sipengurung, permainan akan terus berlanjut sampai salah satu menyerah atau sudah tidak ada jalan lagi yang bisa dilakukan.

Meskipun aturan dasar Go sederhana, ada banyak teknis kecil dalam aturan main yang harus diperhatikan. Strategi-strategi dalam permainan Go berkembang seiring perkembangan jaman hingga saat ini telah tercipta beberapa strategi-strategi didalam permainan catur khas Jepang ini, hampir seluruh masyarakat Jepang mengetahui peraturan dasar permainan Go ini, dengan banyaknya pemain catur ini tidak heran bila sering terlihat program-program TV yang menampilkan acara-acara mengenai catur Go ini atau juga didalam majalah-majalah yang membahas mengenai tips dan trik bermain catur Go.

Mengenal Go Sebuah Permainan Catur Tradisional JepangKata “Go” memiliki kepanjang Igo dalam bahasa Jepang, yang dimana kata ini berasal dari bahasa china weiqi (bahasa Cina Tengah “hjwɨj-gi”), yang kira-kira diterjemahkan sebagai “permainan papan mengelilingi”. Kedua pemain akan memiliki warna yang berbeda yaitu hitam dan putih, masing-masing pemain akan bertempur untuk memaksimalkan wilayah yang mereka kuasai, mengelilingi daerah besar di papan dengan batu-batunya, menjebak batu-batu musuh yang menyusup daerahnya, dan melindungi batu-batu mereka dari penangkapan. Strategi yang terlibat sangatlah halus namun kompleks. Beberapa pemain tingkat tinggi mendedikasikan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan strateginya. Bagi sebagian orang, igo adalah permainan strategi yang paling hebat karena mengalahkan catur maupun shogi dalam hal kompleksitasnya.

Mengenal Go Sebuah Permainan Catur Tradisional JepangPermainan Go juga sudah terkenal di manca negara, bahkan telah masuk kedalam dunia perfilman atau juga anime dan manga. Seperti salah satunya film anime yang terkenal mengambil konsep permainan Go yaitu Hikaru no Go yang juga sempat tayang dilayar kaca televisi Indonesia waktu dulu.