MENGENAL ATURAN DASAR SHOGI CATUR JEPANG

MENGENAL ATURAN DASAR SHOGI CATUR JEPANG 2

Artforia – Dewasa ini permainan shogi ini sudah semakin populer bukan cuma di Jepang tapi diseluruh belahan dunia, shogi berada diperingkat ketiga permainan papan strategi yang paling banyak dimainkan, peringkat pertama tentu saja catur dan peringkat kedua adalah xianggi permainan asal china. Permainan shogi mirip seperti catur, yang bertujuan untuk menskak mat lawan untuk bisa menang, namun papan permainan shogi sedikit lebih besar, kalau catur memiliki ukuran 8×8 sedangkan shogi memiliki ukuran 9×9. Selain papannya yang lebih besar, jumlah bidaknya juga lebih banyak,  catur memiliki 16 bidak sedangkan shogi memiliki 20 bidak.

Kedua puluh bidak disusun dalam 3 baris horizontal,  dibarisan paling dalam ada kyousha (lance), keima(knight), ginshou(silver general), kinshou (gold general), gyakushou (king), kinshou (gold general), ginshou(silver general), keima(knight), kyousha(lance), dibaris kedua diletakkan kakugyou (bishop) yang diletakkan diatas keima (knight) sebelah kiri sedangkan hisha (rook) diletakkan diatas keima (knight) sebelah kanan, dan dibarisan paling luar diletakkan 9 pawns atau disebut fuhyou dalam istilah shogi. Dan bidak yang telah kita makan akan diletakan disebelah kanan kita.

MENGENAL ATURAN DASAR SHOGI CATUR JEPANG

Dan aturan yang paling khas dari shogi adalah utsu atau dropnya, ya didalam permainan shogi bidak yang telah kita makan atau pukul bisa kita drop dan kita jadikan pasukan kita, serta didalam shogi juga ada aturan promosi atau kenaikan pangkat. jika dalam catur menggunakan hitam putih untuk membedakan bidak kita dan bidak lawan, dalam shogi kedua pemain disebut sente yaitu pemain yang jalan pertama, dan gote (adalah pemain yang jalan kedua. Goal dari permainan shogi ini adalah mencheckmate king lawan agar tidak ada terdapat lagi jalan untuk king lawan bisa selamat. Jika terdapat langkah yang terulang terus-menerus hingga sekitar 4 atau 5 kali maka permainan dinyatakan draw. Dan ada satu aturan lagi yaitu jika pemain terlalu banyak mencheck lawan secara beruntung sekitar 4 atau 5 kali maka pemain yang melakukan check beruntun tersebut dinyatakan kalah.