Membuat Kalung Indah Dengan Kertas Washi

DIY&Craft – Kertas Washi merupakan kertas tradisional Jepang yang biasanya digunakan untuk sebuah kerajinan tangan atau kesenian lipat Origami, Kata “washi” berasal dari makna wa yang memiliki arti “Japanese” dan shi yang memiliki arti ‘kertas’. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kertas yang menggunakan bahan lokal, diproses dengan tangan dan dibuat dengan cara tradisional. Dari texturenya kertas Washi memang lebih tebal dari kertas biasa oleh karena itu sangat cocok untuk dibuat sebuah kerajinan.

Simak Juga : Membuat Hiasan Lilin Dari Kertas Origami

Membuat Kalung Indah Dengan Kertas WashiAlat yang dipersiapkan dalam membuatnya.

  • Kertas washi berbagai warna
  • Resin / Lem cair yang kuat
  • Gunting
  • Bingkai bulat dengan pentutup kaca kecil seperti di photo
  • Cutter untuk memotong pola pada kertas washi

Cara dalam membuatnya.

Artforia akan berbagi sebuah informasi mengenai panduan dalam membuat hiasan berupa kalung dari sebuah kertas Washi. Untuk dapat membuat lapisan dengan efek 3 dimensi maka anda harus menuangkan lem secara bertahap pada setiap kertas yang disusun. Pertama anda harus membuat pola pada kertas Washi dan kemudian memotong dengan rapih pada garisan pola terebut, saya menggunakan kertas kontak untuk menutup bagian belakang lingkarannya dan kemudian membuatnya menjadi bezel. Letakan kepala pin di pertama, untuk membuat loop gantung dan juga untuk menutup lubang sehingga lem atau resin tidak bocor keluar.

Membuat Kalung Indah Dengan Kertas WashiPertama, tuangkan lapisan tipis ke bagian bawah bezel. Saya menggunakan tangkai es krim untuk mendorongnya ke tepi bezel dan membentuk segel yang rata. Ingat kertas washi yang telah diberikan pola dan dipotong menjadi kertas washi bagian paling atas.

Membuat Kalung Indah Dengan Kertas WashiSetelah saya meletakkan lapisan pertama anda bisa mulai membuat komposisi pola. Bagian pertama dari kertas yang dpasang menghadap ke belakang dan nantinya akan terlihat saat melepaskan kertas kontak. Jika kertas kontak meninggalkan bekas di belakang anda bisa membersihkannya terlebih dahulu, tenang saja tidak akan mempengaruhi resin yang telah anda pasangkan, tetapi anda harus memastikan benar-benar sudah mengering sebelum mencobanya.

Membuat Kalung Indah Dengan Kertas WashiBergantian menuangkan resin atau lem dan lapisan kertas yang ditempelken secara bertumpuk akan dapat menampilkan sebuah pola 3D. Ketika selesai menempelkan lapisan terakhir anda bisa meletakan penutup yang seperti kaca kecil sehingga membentuk seperti kalung liontin. Texture dari kertas Washi yang memiliki warna berbeda akan memberikan pola 3D yang indah didalam tutupan kaca kecil tersebut.

Membuat Kalung Indah Dengan Kertas WashiSource : Thebluebrick