Legenda Ketiga Dewa Amaterasu Susanoo Dan Tsukuyomi

Seni Budaya Jepang – Jepang memang sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama Shinto dan Buddha oleh karena itu terdapat banyak kuil-kuil peninggalan jaman dahulu, Shinto yang merupakan kepercayaan asli negara ini memang memegang peranan besar dalam banyak legenda dan mitos yang terjadi di negeri sakura ini, seperti legenda Amaterasu yang merupakan dewa tertinggi di agama Shinto ini akan Artforia sedikit berikan informasi serta kisahnya.

Simak Juga : Pengaruh Mitologi Asura Dan Indra Dalam Budaya Jepang

artforia.comAmaterasu (天 照), Amaterasu-ōmikami (天 照 大 神 / 天 照 大 神) atau nama lainnya adalah Ōhirume-no-muchi-no-kami (大 日 孁 貴 神) adalah bagian dari salah satu mitos Jepang yang terkenal dan juga merupakan sosok dewa utama dalam agama Shinto. Dia dipandang sebagai dewi matahari dan juga alam semesta. Nama Amaterasu yang berasal dari Amateru berarti “bersinar di surga”. Arti dari seluruh namanya, Amaterasu-ōmikami, adalah “dewa besar yang bersinar di surga.”. Menurut Kojiki dan Nihon Shoki dalam mitologi Jepang, Kaisar Jepang dianggap sebagai keturunan langsung Amaterasu.

Terdapat beberapa kesamaan dalam dewi surya Jepang dengan dewi surya Korea yang bernama Hae-Nim, terutama dalam hal pemujaan, dengan menggunakan simbol dan praktik yang sama. Referensi lain terdapat juga yaitu adalah dewi Xihe yang dikenal didalam legenda masyarat China. Meskipun memiliki kesamaan tetapi dewa matahari atau surya ini di Jepang sangat dipuja dan menjadi perhatian sentral didalam kepercayaan agama Shinto.

artforia.comartforia.comKisah tertua dari Amaterasu adalah berasal dari tahun ca. 712 CE Kojiki dan ca. 720 M Nihon Shoki, catatan tertua sejarah Jepang. Dalam mitologi Jepang, Amaterasu, dewi matahari, adalah saudara perempuan dari dewa Susanoo, dewa badai dan laut, dan Tsukuyomi, dewa bulan. Telah tertulis dalam sejarah mitos bahwa Amaterasu membuat sebuah lukisan pemandangan dengan saudara-saudaranya untuk menciptakan Jepang kuno. Ketiga dewa-dewi ini terlahir dari Izanagi saat dia memurnikan dirinya sendiri setelah gagal menyelamatkan istrinya Izanami dari Yomi (Underworld). Amaterasu lahir saat Izanagi mencuci mata kirinya, Tsukuyomi lahir dari pembasuhan mata kanan, dan Susanoo ketika membasuh hidungnya.

Dia menjadi penguasa matahari dan langit bersama kakaknya yaitu Tsukuyomi, Amaterasu berbagi langit dengan Tsukuyomi, smapai terjadi kejadian dimana Tsukuyomi membunuh dewi makanan yaitu Uke Mochi karena menciptakan makanan dengan cara yang kotor, karena pembunuhan tersebut membuat Amaterasu sangat membenci Tsukuyomi dan mengecapnya sebagai dewa kejahatan dan berpisah darinya, karena kisah ini jugalah yang menjadi sebuah alasan mengapa siang dan malam hari tidak pernah muncul bersamaan.

artforia.comartforia.comKisah-kisah dewa Amaterasu dan kedua saudaranya yaitu Susanoo dan Tsukuyomi memiliki pengaruh besar juga terhadap sub kultur jepang dimana banyak film-film serta manga, anime dan video game yang menggunakan unsur mitos ini, seperti salah satunya yang terkenal diadaptasi dari dewa-dewa ini adalah cerita dalam manga Naruto dimana jurus-jurus dari mata clan Uchiha yang menggunakan nama-nama dari dewa ini.