Kisah Peperangan Besar Dan-No-Ura Yang Juga Titik Awal Dimulainya Era Shongun

Seni Budaya Jepang – Jepang sama seperti China dan Korea yang memiliki sejarah dan kisah peperangan antara kerajaan yang begitu mendunia, salah satu kisah sejarah kerajaan Jepang yang mendunia adalah sebuah peperangan besar Dan-No-Ura dimana peperangan antara klan besar Taira dan Klan Minamoto (Genji) yang juga merupakan shongun pertama dalam sejarah jepang. Kisah ini memang awal dari terbentuknya 7 abad peperangan daimyo yang salah satunya sangat terkenal yaitu era Zengoku yang dimulai sekitar tahun 1493 – sampai 1573.

Simak Juga : Legenda Burung Houou Pembawa Berkah

artforia.comartforia.comPertempuran Dan-no-ura dimulai dengan pertempuran antara 2 kekaisaran besar di Jepang yaitu klan Taira (yang kemudian dikenal sebagai Heike) dan klan Minamoto (Genji), yang bertempur untuk menguasai takhta pada akhir abad ke-12 dalam Perang Genpei (1180-1185). Sampai akhirnya pada tanggal 24 April, 1185 M, dua klan Samurai tersebut bertempur besar-besaran sampai mati mati di teluk Dan-no-ura di Laut Inland Jepang. Kala itu Klan Taira dipimpin oleh seorang kaisar muda bernama Antoku serta bersama neneknya. Heike atau Taira memang sebuah kerajaan besar sebelumnya dan telah memerintah selama beberapa dekade, tapi mulai kalah jumlah dan melemah oleh karena itu mereka menghadapi kekalahan di tangan Minamoto.

Selama pertempuran dan Heike mulai terdesak seorang anggota keluarga kerajaan membawa Kaisar Antoku yang berusia tujuh tahun terjun ke dalam air di selat Shimonoseki, menyebabkan tenggelamnya kaisar Antoku. Hal ini dilakukan karena tidak ingin kasira Antoku sampai ditangkap oleh pasukan Minamoto, tragedi tersebut juga diikuti oleh Ibu dan neneknya yang juga tenggelam pada selat Shimonoseki. Kisah ini juga menjadikan Antoku disembah sebagai Mizu-no-kami (“dewa air”).

artforia.comartforia.comPertempuran penting ini memang sebuah titik balik budaya dan politik dalam sejarah Jepang dimana Minamoto Yoritomo menjadi Shogun pertama di Jepang dan pertempuran Dan-no-ura menandai awal kisah dari tujuh abad, di mana Jepang diperintah oleh para pejuang dan Shogun, bukan Kaisar atau bangsawan serta membuka sejarah-sejarah samurai yang terkenal lainnya seperti kisah terkenal Nobunaga Oda, kisah ini juga banyak diangkat menjadi sebuah Novel, Manga serta Game.