Kisah Legenda 6 Naga Jepang

Seni Budaya Jepang – Naga merupakan sebuah hewan mitos yang penuh dengan legenda, hampir kebanyakan negara-negara di Asia salah satunya adalah Jepang memiliki kisah tentang mahkluk ini dengan wujud yang berbeda-beda, Jepang yang mayoritasnya beragam Shinto dan Buddha memang memiliki catatan sejarah mitos yang sangat banyak hal tersebut menyebabkan adanya 6 kisah legenda naga di Jepang yang akan kita bahas pada kali ini.

Simak Juga : Sosok Dua Dewa Penjaga Gerbang Niomon

 

Ryujin

artforia.comMenurut catatan legenda yang ada Ryujin adalah dewa naga Jepang yang tinggal di laut. Dia sering tampil dalam mitos Jepang (seperti juga dengan kisah para putrinya yang cantik). Dalam satu cerita, Ryujin sang dewa naga ini mencuri permata tak ternilai harganya dari seorang pangeran (permata air pasang). Sang pangeran memulai perjalanan untuk mengambil kembali perhiasannya tetapi ketika ditengah perjalanannya dirinya bertemu dengan seorang penyelam mutiara yang cantik (ama) di pantai. Mereka menikah dan punya anak laki-laki. Penyelam mutiara itu menjadi putri (Putri Tamatori).
Putri Tamatori menemukan cara untuk mengambil kembali permata dari sang raja naga Ryujin. Dia memainkan musik untuk menidurkan naga tersebut dan ketika raja naga mengetahui bila perhiasannya telah diambil, dia mengejar Tamatori namun Tamatori tidak menyerah begitu saja dengan memotong dadanya untuk menyembunyikan permata di dalamnya. Darah dari aksi ini menutupi perairan dengan cukup tebal untuk membantunya melarikan diri. Dia meninggal tapi berhasil memulihkan permata untuk keluarga barunya.

 

Otohime

artforia.comSeperti yang telah dikatakan sebelumnya bila raja naga Ryujin memiliki banyak anak wanita yang ditulis dalam legenda dan Otohime adalah salah satu anak perempuan tersebut. Otohime sangat diyakini dalam legenda merupakan nenek dari Kaisar pertama Jepang. Kaisar Jimmu (kaisar pertama Jepang 15 dianggap mitos). Otohime muncul di Urashima Taro, salah satu mitos paling terkenal di Jepang. Urashima Taro adalah seorang nelayan muda yang menyelamatkan kura-kura kecil dari penyiksaan di tangan sekelompok anak-anak. Ternyata kura-kura itu adalah Otohime (putri dewa naga). Kemudian nelayan mudah tersebut diberikan hadiah dengan mengunjungi istana raja naga di bawah laut. Dia menghabiskan 3 hari di istana dengan Putri Otohime yang cantik (yang telah berubah bentuk menjadi manusia).
Ketika tiba saatnya nelayan kembali ke rumah, Otohime memberinya sebuah kotak kecil. Dia bilang kotak itu akan melindunginya tapi dia tidak boleh membukanya. Ketika nelayan kembali ke desanya dia menemukan bahwa 300 tahun telah berlalu. Keluarganya, teman dan semua orang yang dia kenal hilang. Putus asa, ia membuka kotak dan langsung menjadi orang tua.

 

Mizuchi

artforia.comMitos Jepang kuno menyebutkan pengorbanan manusia yang dilakukan pada dewa sungai naga seperti Mizuchi (蛟). Tidak jelas apakah pengorbanan semacam itu benar-benar terjadi di zaman kuno atau apakah ini murni mitos belaka.

 

Kiyohime

artforia.comKiyohime (清 姫) adalah putri seorang pria kaya. Dia jatuh cinta dengan seorang pendeta pengembara yang tampan bernama Anchin. Mereka memiliki hubungan asmara singkat tapi dengan cepat dia kehilangan minat padanya. Kiyohime sangat marah pada perubahan hatinya yang tiba-tiba sehingga dia berubah menjadi naga dan mengejarnya. Anchin berlari ke sebuah kuil dan bersembunyi di dalam bel besi besar. Kiyohime melelehkan lonceng itu dengan napasnya yang berapi-api dengan Anchin didalamnya. Cerita mitos Jepang ini memang dipenuhi dengan cerita tentang kekuatan menakutkan wanita yang kecewa karena sebuah cinta.

 

Nureonna

artforia.comNureonna (濡 女) adalah hantu seperti naga yang sering tampil dalam mitos Jepang. Mereka biasanya mencuci rambut mereka di tepi sungai. Mereka dikisahkan sering menyerang warga desa bila terganggu.

 

Kuniyoshi

artforia.comKuniyoshi juga merupakan salah satu putri dari Ryujin sang raja naga. Dia muncul dalam mitos Jepang berjudul My Lord Bag of Rice. Suatu hari seorang pejuang bernama Hidesato ingin menyeberangi jembatan tapi dia melihat seekor naga raksasa tergeletak di atasnya. Dia dengan santai melangkah mendekati naga dan melanjutkan perjalanannya. Kemudian pada hari itu ia didekati oleh seorang wanita cantik (Putri Kuniyoshi). Dia mengatakan kepadanya bahwa dia adalah naga yang sedang melintasi jembatan. Dia terkesan dengan keberaniannya. Dia telah meletakkan jembatan itu selama 2000 tahun dan tidak ada yang berani menyeberang.
Dia memintanya untuk membunuh musuhnya seekor lipan raksasa dan prajurit itu menyetujuinya, dikisahkan dalam pertarungan tersebut bila lipan raksasa mendekat dengan mata bersinar. Setelah melalui pertempuran sengit akhirnya pejuang tersebut dapat membunuhnya dengan busurnya. Dia dihargai dengan perjalanan ke istana naga dan hadiah mewah. Di antara hadiah itu ada sekantong beras yang tidak pernah menjadi kosong.

Itulah legenda ke 6 Naga yang menjadi mitos di Jepang dan terkenal hingga sampai saat ini!.