Kannon Sosok Dewi Dalam Kepercayaan Agama Buddha Jepang

Seni Budaya Jepang – Shinto dan Buddha merupakan agama mayoritas bagi masyarakat Jepang, dengan sebagian besar masyarakatnya yang memeluk agama tersebut membuat Jepang dipenuhi oleh legenda-legenda dewa-dewi sampai saat ini. Banyak sosok dewa-dewi Jepang yang telah terkenal sampai penjuru dunia dan bahkan sudah cukup banyak yang konsepnya dimasukan kedalam dunia entertainment seperti dalam film, salah satu yang kita akan bahas adalah dewi Kannon yang merupakan dewi welas asih Buddha Jepang. Dia adalah seorang Bodhisattva (seseorang yang mencapai pencerahan tapi menunda menjadi buddha sampai semua orang dapat tercerahkan).

Simak Juga : Kisah Gerbang Iblis Rashomon Penjaga Kota Kyoto

Kannon Sosok Dewi Dalam Kepercayaan Agama Buddha JepangBanyak kuil Jepang yang didedikasikan untuk menyembah Kannon. sosok dewi Kannon juga menjadi bagian dari agama kristiani di Jepang pada jaman Edo. Menurut catatan yang ada pada abad ke-17, agama Kristen dilarang di Jepang. Oleh sebab itu pada jaman tersebut orang-orang Kristen Jepang terus beribadah secara tersembunyi. Orang-orang Kristen rahasia ini membuat patung-patung Kannon yang sangat mirip dengan seni Katolik Roma yang menampilkan Madonna dan anak kecil serta juga membuat simbol-simbol Kristen seperti salib. Beberapa patung ini bertahan dan bisa dilihat di kuil-kuil jepang pada hari ini.

Sosok dewi Kannon sangat dikagumi karena senyumannya yang halus dan misterius. Sebagai dewi pengampun atau welas asih, Kannon membantu orang-orang yang dalam kesulitan. Dia disembah di ribuan kuil Jepang. Patung-patung Kannon dapat ditemukan di seluruh negeri. Mengenai kekuatannya Kannon dipercaya dapat memiliki 33 wujud dengan 11 kepala serta 1000 senjata. Di negara-negara lain sosok Kannon memiliki nama yang berbeda seperti di China disebut dengan Guanyin.

Kannon Sosok Dewi Dalam Kepercayaan Agama Buddha JepangSalah satu fakta unik yang bersangkutan dengan dewi Kannon adalah produk kamera terkenal asal Jepang yaitu Canon merupakan nama yang terinspirasi dari dewi Kannon. Beberapa kuil yang menyembah dewi ini memiliki daya tarik masing-masing misalnya seperti kuil Ōfuna Kannon Temple (大船 観 音 寺 Ōfuna Kannonji) adalah sebuah kuil Buddha di Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang. Daya tarik yang menonjol dari kuil ini adalah patung beton setinggi 25 meter (82 kaki) dengan berat1900 ton berwujud bodhisattva Kannon.

Dalam dunia entertainment sosok dewi ini juga digunakan oleh beberapa judul film dan animasi, seperti salah satunya adalah anime Hunter X Hunter dimana salah satu karakter dengan nama Netero memiliki jurus yang menggunakan konsep dari dewi ini yaitu 100-Tipe Guanyin Bodhisattva.

Kannon Sosok Dewi Dalam Kepercayaan Agama Buddha Jepang