Horyuji Salah Satu Dari 7 Kuil Buddha Terkenal Di Jepang

Seni Budaya Jepang – Membicarakan sebuah kuil tentu negara Jepang memiliki banyak sekali peninggalan kuil pra sejarah, karena memang mayoritasnya yang beragam shinto dan buddha sejak dahulu membuat peninggalan-peninggalan kuil banyak sekali di negara ini, keuntuhan dan kondisi kuil yang masih baik tidak terlepas dari bantuan pemerintah dan masyarakat yang memang begitu menjaga ketat budaya serta tradisi mereka, salah satu kuil terkenal di Jepang yang akan kita bahas kali ini merupakan kuil terkenal dari agama buddha di Jepang yaitu kuil Horyuji yang ada di prefektur Nara.

Simak Juga : Kuil Daikokuji Tempat Favorit Turis Hingga Cosplayer

artforia.comHoryuji merupakan kuil agama buddha yang besar terdapat di Nara, didirikan pada tahun 607 oleh Pangeran Shotoku, Pangeran Shotoku juga orang yang dipercaya mengenalkan Buddhisme ke masyarakat Jepang. Fakta yang paling menarik disini adalah Pagoda pada kuil Horyuji adalah bangunan kayu tertua yang ada di dunia.

Pada tahun 1905 pagoda ini diperkirakan dibangun pada tahun 711 Masehi, namun seorang sejarawan terkenal Jepang meragukan pernyataan tersebut karena desain bangunan yang berbeda dengan desain bangunan lainnya pada periode tahun tersebut. Ketika melalui cukup lama riset dan juga penelitian ulang membuat hasil yang mengejutkan banyak orang yang ternyata bangunan pagoda ini 100 tahun lebih awal dari yang ditetapkan sebelumnya yaitu menjadi 594 Masehi, dengan hasil tersebut sekarang telah ditetapkan bila bangunan pagoda pada kuil Horyuji adalah struktur kayu tertua di dunia dan juga sebagai contoh yang sangat langka dari arsitektur Jepang periode Asuka.

artforia.comartforia.comMasih terdapat bangunan tua yang terkenal lainnya di kuil Horyuji ini dan salah satunya adalah bangunan Yumedono, yang secara harfiah adalah “The Hall of Dreams.”. Bangunan ini juga memiliki catatan sejarah pembangunan pada tahun 739 Masehi. Bentuknya yang tidak biasa dan arsitektur uniknya membuat bangungan ini menjadi inspirasi bagi beberapa bangunan modern di Jepang saat ini dan salah satunya adalah bangunan Nippon Buddokan di Tokyo, Kuil Horyuji ini dapat ditempuh kurang lebih selama 20 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Horyuji, atau juga anda bisa naik bus nomor 97 dari Stasiun Kintetsu, Nara ke halte bus Horyuji-mae dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam menggunakan bus tersebut.

Informasi Kuil Horyuji.

Jam Buka : 8: 00-17: 00 (Tutup 30 menit lebih awal untuk November sampai Februari)
Website: http://www.horyuji.or.jp
Tidak ada hari penutupan
Tiket Masuk : 1000 yen