Festival Saint Patrick Day Juga Dilakukan Oleh Masyarakat Jepang

Seni Budaya Jepang – Jepang memang sebuah negara dengan mayoritas masyarakat beragama shinto dan buddha, namun itu dulu. Saat ini sudah cukup banyak agama-agama luar yang masuk kedalam Jepang seperti salah satunya adalah agama kristen yang waktu itu dibawa oleh pengunjung dari negeri barat ke Jepang, meskipun umatnya tidak sebanyak mayoritas tetapi agama kristen menjadi kepercayaan dengan umat terbanyak nomor 3 dinegara tersebut.

Festival Saint Patrick Day Juga Dilakukan Oleh Masyarakat JepangSaint Patrick’s Day merupakan salah satu festival yang berunsur agama kristen yang dihadirkan dan dilakukan oleh masyarakat Jepang pada saat ini, diselenggarakan pada pertengahan bulan maret. Sampai saat ini Jepang memiliki jumlah festival St Patrick’s Day yang sangat mengejutkan dengan parade di beberapa kota. Yang terbesar sejauh ini adalah Parade Hari Patrick St. Patrick di Omotesando dengan total 15.000 peserta dan 50.000 penonton. Acara ini menampilkan marching band, cheerleader dan beberapa pengguna kostum lainnya. Penyelenggara biasanya merekomendasikan beberapa pub lokal untuk mengikuti parade.

Simak Juga : Indahnya Festival Setsubun Mantoro Dengan Ribuan Lentera Batu

Festival Saint Patrick Day Juga Dilakukan Oleh Masyarakat JepangFestival Saint Patrick Day Juga Dilakukan Oleh Masyarakat JepangSejarah dari Saint Patrick’s Day ini merupakan sebuah perayaan untuk Santo Patrick yang berasal dari Irlandia (Irlandia: Lá Fhéile Pádraig, “Hari Festival Patrick”), ini merupakan perayaan budaya dan keagamaan yang diadakan pada tanggal 17 Maret, tanggal kematian Saint Patrick (tanggal 25 Mei). AD 385-461, santo Patrick merupakan santo pelindung terkemuka Irlandia.

Hari Santo Patrick menjadi hari raya resmi umat kristen pada awal abad ke-17 dan diamati oleh Gereja Katolik, Komuni Anglican khususnya Gereja Irlandia, Gereja Ortodoks Timur, dan Gereja Lutheran. Perayaan ini pada dasarnya merupakan hari memperingati Santo Patrick dan kedatangan agama kristen di Irlandia, dalam festivalnya didominasi oleh warna hijau dan banyak menggunakan baju-baju bergaya irlandia.

Festival Saint Patrick Day Juga Dilakukan Oleh Masyarakat JepangFestival Saint Patrick Day Juga Dilakukan Oleh Masyarakat JepangSaint Patrick’s Day adalah hari libur nasional di Republik Irlandia, Pada hari ini telah banyak dirayakan oleh negara-negara lain di seluruh dunia, terutama di Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Australia, dan Selandia Baru. Mungkin menjadi catatan unik karena Saint Patrick’s Day dirayakan paling banyak oleh negara-negara lain daripada festival nasional lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, ada kritik terhadap perayaan Hari Saint Patrick karena terlalu dikomersilkan. Di Jepang sendiri festival ini memang lebih berunsur sebuah hiburan publik dengan adanya parade panjang.

Akses

Rute parade utama ada di Omotesando-dori antara Harajuku dan Omotesando. Periksa situs resmi untuk rinciannya disini.

Festival Saint Patrick Day Juga Dilakukan Oleh Masyarakat JepangStasiun Terdekat :
Stasiun Omotesando (0 menit)
Stasiun Meiji-Jingumae (11 menit)
Stasiun Gaienmae (12 menit)