Etika Umum Masyarakat Jepang Dalam Pemandian Onsen

Berita Lifestyle Jepang – Onsen merupakan sebuah tempat yang sangat tradisional di Jepang dimana Onsen merupakan sebuah sumber air panas yang biasanya digunakan menjadi sebuah pemandian air panas dan digunakan secara bersama-sama, tradisi Onsen sendiri telah berlangsung sangat lama sejak jaman Jepang kuno dan sampai ini Onsen telah mengalami beberapa perubahan dan perkembangan, terdapat beberapa etika umum dalam melakukan Onsen bagi orang Jepang yang mungkin harus anda ketahui sebelum anda melakukannya ketika berlibur ke Jepang nanti.

Simak Juga : Mengenal Budaya Duduk Orang Jepang Atau Disebut Seiza

artforia.comDilarang Menggunakan Pakaian Renang

Pada setiap Onsen umumnya tidak memperbolehkan para penggunanya menggunakan pakaian renang oleh karena itu anda jangan sampai memakainya, tetapi sebagian Onsen terutama Onsen yang memiliki tema water park dan mixed gender biasanya memperbolehkan para penggunanya menggunakan pakaian renang.

Kebersihan Tubuh

Para pengguna Onsen diharuskan memiliki tubuh yang bersih sebelum berendam dipemandian air panas ini, maka dari itu para pengguna Onsen biasanya akan mandi terlebih dahulu pada tempat pemandian atau Sento yang disediakan oleh para pemilik Onsen.

Handuk

Pada jenis onsen apapun, anda akan diberikan 2 jenis handuk yaitu kecil dan besar atau terkedang bisa menyewanya. Namun pada pemandian umum biasa terkadang layanan ini tidak tersedia sehingga anda harus membawanya sendiri, handuk besar adalah untuk pengeringan tubuh dan harus ditinggalkan di ruang ganti (bersama dengan pakaian anda), sedangkan handuk kecil untuk mencuci dan bisa dibawa ke area mandi. Anda bisa membawa handuk kecil anda ke kamar mandi dan biasanya para orang Jepang akan menempatkan handuk kecil diatas kepala mereka!.

Rambut & Kepala

Jika anda memiliki rambut yang tebal dan panjang terutama wanita sebaiknya selalu bawa ikat rambut anda dan bungkus dengan handuk, hal ini dikarenakan untuk menghindari air Onsen yang kotor karena adanya rambut-rambut yang rontok. Serta janganlah menenggelamkan kepala anda kedalam air Onsen karena menurut beberapa nasihat pakar kesehatan bagian kepala adalah bagian yang sensitif oleh karena itu lebih mudah terkena infeksi dan Onsen merupakan tempat pemandian bersama yang tentunya memiliki kemungkinan adanya sesuatu yang masuk bila anda menenggelamkan kepala kedalam air Onsen.

Tatto

Mengapa tatto masuk kedalam etika Onsen? hal ini karena sebuah tatto merupakan hal yang tabu didalam budaya Jepang, mengikuti kisah sejarah dimana orang-orang yang memiliki tatto rata-rata adalah seorang kriminal atau penjahat seperti seorang Yakuza, karena masyarakat Jepang yang sensitif dengan tatto rata-rata Onsen terutama onsen tradisional melarang adanya sebuah tatto pada tubuh pelanggan, namun bila tatto anda kecil mungkin bisa ditutupi oleh sesuatu namun bila besar akan menjadi kendala dan sebaiknya anda menyewa Onsen pribadi pada ryokan atau hotel.

Itulah beberapa etika umum dalam melakukan Onsen bagi masyarakat Jepang semoga dapat bermanfaat untuk anda bila ingin mencoba Onsen ketika berwisata ke Jepang!.

artforia.com