Eksklusif Report Artforia Dalam Acara C3AFA Atau AFAID 2017

 

artforia.comArtforia – Acara besar Anime Festival Asia atau lebih dikenal dan singkat menjadi AFA ID untuk regional Indonesia telah selesai diselenggarakan pada tanggal 18 sampai 20 Agustus 2017 yang berlokasi di Jakarta International Expo atau disebut juga Arena JIExpo Kemayoran, area JIEExpo ini merupakan sebuah pusat konvensi dan eksibisi yang terletak di Jakarta, Indonesia. Pusat konvensi dan eksibisi ini dibuka pada tahun 2010 dengan diprakarsai oleh Central Cipta Murdaya group. Jakarta International Expo memiliki 5 balai dengan kapasitas 5000 hingga 12000 tempat duduk.

Simak Juga : Mengenal Comiket Acara Besar Bagi Para Otaku

artforia.comDalam acara besar AFAID 2017 ini kami para kru Artforia melakukan Eksklusif report yang tentunya kami mendatangi langsung tempat acara pada hari minggu yang merupakan hari terakhir dari acara besar bertemakan kulture Jepang ini, acara AFA memang selalu dilakukan setiap tahunnya pada beberapa negara termasuk Indonesia namun pada tahun ini nampaknya memiliki beberapa perubahan dari tahun-tahun sebelumnya yang memang sesuai dengan survey kami ketika bertanya kepada sejumlah pengunjung disana mengenai acara ini.

Acara yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut setelah hari kemerdekaan RI yang ke 72 ini memang terlihat lebih sepi pengunjung jika dibandingkan tahun-tahun lalu, sejumlah cosplayer serta para peserta lain yang kami tanyakan kehadirannya merasakan bila AFAID tahun ini memang lebih sedikit jumlah pengunjung serta booth-booth yang hadir dalam acara ini juga lebih sedikit ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Beberapa cosplayer mengaku bila suhu didalam ruangan acara AFA ini kurang nyaman karena kurangnya pendingin udara serta booth-booth makanan yang terlihat hanya sedikit disini.

Sebagian cosplayer lain menyatakan bila pada AFA tahun ini tidak ada kejuaran cosplay AFA Regional pada tahun ini, lalu ada yang mengatakan bila genre Tokusatsu juga lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu serta menurut beberapa cosplayer lain bila Guestar Cosplayernya lebih sedikit juga. Entah apa yang membuat AFAID 2017 tahun ini kurang meriah dan sebagus tahun-tahun sebelumnya, namun dibalik semua tersebut beberapa peserta dan juga cosplayer juga merasa puas dengan AFA tahun ini seperti seorang cosplayer yang mengatakan bila AFA tahun ini lebih leluasa dan nyaman yang mungkin karena dampak dari kurang ramainya AFA tahun ini.

Dalam acara ini juga terlihat beberapa booth baru yang berbeda dengan tahun lalu seperti booth Blibli.Com, Funko Pop, Vheecious x Chiaki, 3dsense Media School, Wacom Singapore, NHK WOrld dan masih banyak lagi, beberapa Guestar juga tampil pada stage yang telah disediakan serta jadwal yang telah di informasikan.

Berikut ini dibawah adalah hasil photo-photo dari tim Artforia selama melakukan report dalam acara C3AFA 2017.

Berikut Video Exclusive dari crew Artfoira dalam acara C3 AFA JAKARTA 2017  【THE BEST MOMENT】 :

artforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comartforia.comMenurut kalian sendiri terutama para pembaca yang telah mengunjungi acara C3AFA 2017 ini apakah kalian merasa puas atau sebaliknya? bila tidak semoga saja acara tahun depan akan lebih baik dan meriah ya minna-san~!.