Mengenal Kendama Mainan Klasik Jepang Yang Mendunia

Seni Budaya Jepang – Kendama merupakan salah satu mainan klasik yang tercipta sejak lama oleh masyarakat Jepang, terlahir pada daerah prefektur Hiroshima nampaknya mainan klasik ini kini telah sangat mendunia bahkan dikabarkan telah ada perlombaan piala dunianya yang dimulai sejak tahun 2014 lalu, tercatat ada 387 partisipasi dari 14 negara dan regional untuk memainkan alat Kendama ini dalam berbagai teknik dan tingkat kesulitan.

Simak Juga : Karya Seni Kaguyabina

artforia.com

artforia.comMenurut catatan sejarah cikal bakal permainan Kendama ini adalah berawal dari abad ke-16 di Prancis, di mana sebuah permainan dengan cara memantulkan  bola pada sebuah tongkat sangat populer. Setelah tiba di Jepang pada periode Edo (1603-1868), seorang pengrajin di Kure, Prefektur Hiroshima, menambahkan cangkir pada tahun 1918 untuk menciptakan bentuk yang digunakan saat ini. Kendama tersebar di seluruh negeri setelah produksi massal dimulai pada tahun 1921 di Hatsukaichi.

artforia.comartforia.comUntuk Tahun ini pada perlombaan dunia Kendama yang juara adalah perwakilan dari Jepang yaitu So Kanada seorang pelajar dari Nagoya yang berhasil menghentikan kemenangan beruntun Amerika selama 3 tahun terakhir dalam ajang Kendama World Cup, suksesnya permainan klasik ini memang tidak terlepas pemerintahan Jepang yang sangat menjaga kulture mereka dan pintar dalam mempromosikan budaya-budaya mereka ke manca negara.

artforia.com