Cara Mudah Membuat Kipas Lipat Jepang

DIY&CraftSebuah kipas lipat adalah salah satu kerajinan tangan serta alat yang sering digunakan oleh masyarakat Jepang sejak dahulu, di Jepang sebuah kipas lipat atau disebutnya folding fan adalah alat yang digunakan bukan hanya sekedar untuk melepas panas ditubuh saja, kipas lipat ini menjadi salah satu unsur penting didalam budaya Jepang serta kesenian Jepang dimana sering terlihat pada beberapa pentas seni yang menggunakan kipas lipat sebagai salah satu alatnya. Kali ini Artforia ingin memberikan tutorial untuk membuat kipas lipat yang simpel dan sederhana yang tentunya dapat mudah anda ikuti.

Simak Juga : Mengenal Shodo Sebuah Seni Kaligrafi Jepang

artforia.comBahan-Bahan yang perlu anda miliki.

  • Kertas dekoratif yang tebal sepanjang 12 inci x 12 inci (seperti yang digunakan untuk scrapbooking) atau hiasi kertas Anda sendiri.
  • Selotip
  • Gunting
  • Staples
  • Potongan pita sekitar satu kaki panjangnya

Cara Membuatnya.

  1. Letakkan kertas pada alas yang datar lalu kemudian lipat kertas tersebut secara horisontal sepanjang 1 inci dari bawah. Lalu kemudian balikkan kertas dan kencangkan lipatannya inci demi inci dari sisi pertama sampai sisi berikutnya, buat lipatan akordeon pada ujung kertas.
    2. Putar kipas sepanjang satu setengah inci dari bawah dan gunakan staples untuk membuat pegangannya
    3. Tempelkan selotip di sekeliling pita dan dasi pita ini untuk menutupinya. Biarkan ujung pita menjuntai

artforia.com