Cara Membuat Tamagoyaki Telur Dadar Jepang

Kuliner Jepang – Siapa yang tidak mengenal Telur Dadar sebuah masakan sederhana berbahan dasar telur ini memang rata-rata dimiliki oleh setiap negara, namun tentunya setiap negara memiliki cara tersendiri dalam menghindangkan masakan telur dadar ini dan salah satunya adalah negara Jepang yang memiliki olahan telur dadar dengan diberi nama Telur Tamago, olahan ini adalah telur dadar klasik Jepang yang kadang-kadang disebut tamagoyaki, telur dadarnya memiliki rasa manis, memiliki tekstur yang ringan, dan juga cocok disajikan di atas nasi sushi dan dengan tembahan kecap serta wasabi.

Simak Juga : 5 Permen Produk Jepang Yang Terkenal

artforia.comBahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuatnya.

  • 4 butir telur
  • 1/4 cup kaldu dashi
  • 1 sendok makan gula putih
  • 1 sendok teh mirin (anggur manis Jepang)
  • 1/2 sendok teh kecap
  • 1/2 sendok teh minyak sayur, atau lebih sesuai kebutuhan

Cara dalam membuatnya

  1. Kocok telur secara menyeluruh dalam mangkuk, kocok secara bersamaan dashi, gula pasir, mirin, dan kecap sampai gula larut.
  2. Tempatkan wajan antilengket atau panci telur dadar dengan api yang sedang. Lalu tuangkan wajan dengan minyak sayur kemudian tuangkan telur yang telah diaduk ke dalam wajan panas lalu putar-putar hingga berbentuk rata.
  3. Bila lapisan telur keras di bagian bawah tapi tetap sedikit cair di atas maka angkat telur tersebut dengan spatula sekitar 1 inci di ujung telur dadar dan kemudian lipat kepada sisi lainnya, terus lipat telur dadar tersebut sampai cukup mengecil dan kemudian angkat ketika berbentuk gulungan sempurna. Berikan minyak lagi dan buatlah gulungan telur yang kedua dengan metode seperti sebelumnya.
  4. Tuangkan lapisan telur baru ke dalam wajan, minyaki wajan lagi jika diperlukan. Gulung telur dadar untuk memasukkan lapisan telur berikutnya ke dalam gulungan. Tuangkan lapisan baru dan gulung ke dalam telur dadar sampai semua campuran telur telah digunakan. angkat telur dadar ke piring saji dan potong menjadi 6 bagian yang sama untuk disajikan. Itadakimasu! (いただき ます).