Cara Dalam Membuat Acar Timun Jepang Sunomono

Kuliner Jepang – Cucumber Sunomono atau bahasa indonesianya adalah Timun Sunomono merupakan sebuah acar khas Jepang yang berbahan dasar timun dan cuka, cara membuatnya tidaklah sulit hampir seperti acar-acar biasanya dan Timun Sunomono ini termasuk salah satu bagian dari jenis masakan Namasu (膾) yang merupakan sebuah hidangan Jepang yang terdiri dari sayuran atau seafood mentah yang di iris tipis lalu dicampuri dengan cuka beras (su) selama beberapa jam. Namasu dibawa ke Jepang dari China selama periode Nara (710-794). Mari simak cara membuat acar simpel ini bersama kami.

Simak Juga : 5 Makanan Penutup Jepang Terfavorit Versi Artforia

artforia.comBahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuatnya.

  • 2 mentimun besar, kupas
  • 1/3 cangkir cuka beras
  • 4 sendok teh gula putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh akar jahe segar cincang

Cara dalam membuatnya.

  1. Potong mentimun menjadi setengah memanjang dan buanglah biji-bijinya. Potongan melintang menjadi irisan sangat tipis.
  2. Dalam mangkuk kecil campurkan cuka, gula, garam dan jahe. Campur dengan baik. Tempatkan mentimun ke dalam mangkuk, aduk hingga mentimun dilapisi dengan sempurna lalu dinginkan mangkuk mentimun paling sedikit 1 jam sebelum disajikan dan untuk tambahannya anda bisa menaburi dengan wijen sebelum dihidangkan. Itadakimasu! (いただき ます).