Bedakan Shrine dan Temple Saat Traveling ke Jepang

artforia.com

Berita Travel Jepang – Jepang punya sejarah yang panjang, mirip dengan sejarah nusantara (kelak jadi Indonesia), sehingga daya tarik budayanya kuat. Itulah yang bikin travel ke Jepang tidak terpisahkan dari berkunjung ke tempat bersejarah, terutama shrine dan temple. Banyak di antaranya berstatus cagar budaya dan UNESCO World Heritage Site. Dalam bahasa Indonesia, ‘shrine’ dan ‘temple’ kerap diterjemahkan sebagai ‘kuil’. Sama-sama rumah ibadah, memang, but let us be more culturally sensitive. Karena itulah, saya mengajakmu mempelajarinya:

artforia.com

Kalau ada patung Buddha dan pagoda, bangunan itu adalah (Buddhist) temple alias ‘ji‘, seperti Sensoji. Kalau ada gerbang (torii), maka itu adalah (Shinto) shrine alias ‘jingu’, seperti pada Meiji Jingu. Shintoisme adalah agama asli Jepang, sementara ajaran Buddha berasal dari India dan China.

artforia.com

Jika temple memiliki arsitektur mirip dengan kuil-kuil Buddhis di negeri-negeri lain seperti China dan Korea Selatan, maka shrine pada umumnya punya bentuk lebih sederhana dan tidak dihias secara elaborat. Shrine tidak melulu berbentuk bengunan, ada pula yang berada di alam terbuka, seperti di gunung, danau, dan pantai. Namanya ‘mori‘ dan itu ditandai dengan torii, gerbang menuju kediaman para dewa. Menarik banget ya.

artforia.com

Berkunjung ke shrine dan temple memang akan melengkapi sesi travel ke Jepang, tapi ingatlah untuk mempraktikkan sopan santun, antara lain berpakaian layak (tidak memakai celana pendek dan tank top), melepaskan alas kaki saat masuk holy sites, dan mematuhi aturan soal memotret. Kalau kamu ingin memberikan donasi di kotak donasi, itu diperbolehkan. Last but not the least, resapi atmosfer ketenangan yang peaceful dari temple dan shrine!

So jika kalian ingin berkunjung ke Jepang, yang harus wajib anda kunjungi dahulu adalah ke Shirne dan temple, untuk kalian yang ingin banyak mengetahui tempat-tempat dan tips untuk berlibur di jepang, atau traveling ke jepang, bisa kunjung Artforia pada bagian Berita Travel Jepang.