Anak Panah Hamaya Pengusir Setan Atau Roh Jahat

Seni Budaya Jepang – Tahun baru menjadi sebuah hari yang spesial bagi semua negara di dunia, tentunya juga dengan Jepang yang masyarakatnya sangat banyak melakukan sebuah ritual-ritual kebudayaan yang telah dipercaya sejak lama. Anak panah hamaya menjadi salah satunya kepercayaan masyarakat Jepang terutama pada penganut agama shinto ketika melewati acara tahun baru, anak panah ini dipercaya dapat mengusir setan atau roh jahat, pada saat ini panah-panah ini sangat banyak dijual di kuil-kuil shinto ketika acara tahun baru berlangsung.

Anak Panah Penghancur Iblis Yang Disebut Hamaya

Simak Juga : Telur Sehat Panjang Umur Kurotamago

Anak Panah Penghancur Iblis Yang Disebut HamayaHamaya, yang secara harfiah memiliki arti sebagai “panah penghancur iblis” ini merupakan panah dekoratif yang dijual di tempat-tempat suci seperti salah satunya yang telah dikatakan sebelumnya yaitu di kuil Shinto. Kehadiran panah ini berasal dari tradisi Samurai yang memberi anak panah keberuntungan kepada anak laki-laki, namun pada zaman modern saat ini mereka juga populer dengan anak perempuan. Hamaya masih dikaitkan untuk anak-anak atau remaja sehingga jarang orang dewasa membelinya untuk diri sendiri.

Kehidupan Jepang memang dipenuhi dengan cerita-cerita mitos dan monster oleh karena itu barang-barang seperti ini sebenarnya sudah menjadi hal biasa disana. Menurut cerita rakyat suara dari anak panah yang ditembakan ini sudah dapat menakuti para iblis atau siluman yang berada didekatnya. Tradisi membawa pulang hamaya dari kuil Shinto sewaktu melakukan hatsumode berasal dari tradisi menembakkan anak panah yang disebut jarai (射礼). Anak panah dan busur yang dipakai waktu itu adalah hamaya (はま矢 atau 浜矢) dan hamayumi (はま弓 atau 浜弓). Aksara kanji untuk menulis kata hama kemudian diganti dengan aksara kanji 破魔 (hama) yang berarti pengusir setan.